Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/01/2017, 10:00 WIB
Kontributor Health, Dhorothea

Penulis

KOMPAS.com - Aktor Denzel Washington berusaha lebih efisien dan efektif sejak berusia 60 tahun. Bintang Magnificent Seven ini masih gemar membaca dan mempelajari skrip yang dipercaya merupakan olahraga bagi otaknya.

"Ketika berusia 60, bukan lagi waktunya untuk gladi bersih. Hidup kita punya empat kuartal dan saya berada di kuartal keempat. Dalam sebuah pertandingan seperti bola basket, jika ada perpanjangan waktu dan manusia berusia setelah 80 itu ibarat mendapatkan perpanjangan waktu. Perpanjangan waktu ini, jika kita menang, kita pasti menang. Tetapi jika kalah, tak ada waktu untuk mengulangnya," kata aktor kulit hitam yang tampan ini.

Ia mengatakan, pola hidupnya berubah untuk mempersiapkan untuk usia 80. "Saya lebih menyadari apa yang dimakan dan mencoba seefisien dan seefektif mungkin menjadi orang yang lebih baik untuk kehidupan, pekerjaan dan keluarga, tidak lagi mengejar penghargaan. Hal yang bagus dari pekerjaan aktor adalah latihan mengingat yang baik untuk otak. Otak itu seperti otot yang harus terus dilatih," imbuh aktor berusia 62 tahun itu.

Komentar itu muncul setelah ayah dari John (32), Katia (29), Olivia (25) dan Malcolm (25) ini mengakui bahwa ketenaran itu "berlebihan".

"Ayah saya bekerja selama 50 tahun di bagian pengairan. Ia juga seorang pendeta dan menjalani tiga pekerjaan sekaligus. Ia sanggup dan berhasil. Selebritas itu benar-benar berlebihan. Saya ini seorang aktor," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com