Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/01/2017, 07:35 WIB
Dian Maharani

Penulis

KOMPAS.com - Tahun telah berganti. Anda mungkin sudah memiliki daftar resolusi tahun baru. Tapi, jangan lupa menyisipkan gaya hidup sehat ke dalam daftar resolusi 2017.

Gaya hidup sehat sebenarnya dapat menjadi dasar untuk mencapai resolusi lainnya. Nah, setidaknya ada 10 gaya hidup sehat yang bisa menjadi daftar resolusi 2017 seperti dikutip dari Health.com ini.

1. Menurunkan berat badan
Menurunkan berat badan merupakan salah satu resolusi tahun baru yang paling populer. Pada awal tahun baru, orang-orang yang berusaha diet mungkin akan berseru, "Menuju Langsing 2017".

Sayangnya banyak yang sering gagal mencapai resolusi yang satu ini. Jadi, jangan kendurkan semangat menurunkan berat badan pada bulan-bulan berikutnya.

Mulailah rajin berolahraga, makan makanan sehat dan tidak berlebihan untuk mendapatkan berat badan ideal. Kelebihan berat badan sangat mengancam kesehatan, seperti meningkatkan risiko penyakit jantung dan diabetes.

2. Silaturahmi
Menjaga silaturahmi juga merupakan salah satu gaya hidup sehat. Mengapa? Sejumlah penelitian menunjukkan, orang-orang yang memiliki ikatan sosial yang kuat memiliki usia harapan hidup yang lebih lama.

Dalam studi tahun 2010 yang dipublikasikan di jurnal PLoS Medicine mengungkapkan, kurangnya ikatan sosial bisa mengarahkan seseorang pada penyalahgunaan alkohol, merokok, bahkan kurang olahraga.

Jadi, tetaplah berhubungan baik yang positif dengan keluarga, teman atau kerabat.

3. Berhenti merokok
Seperti halnya menurunkan berat badan, berhenti merokok juga kerap menjadi resolusi tahun baru, tetapi sering kali gagal diwujudkan.

Direktur Program Pencegahan Penyakit Kardiovaskular di St. Luke dan Roosevelt Hospital di New York City, Merle Myerson, MD mengatakan, berhenti merokok memang tidak mudah. Tetapi, Merle selalu mengingatkan kepada perokok, berapa banyak uang yang bisa dihemat dengan tidak merokok.

Butuh niat dan komitmen yang kuat untuk bisa berhenti merokok. Jangan tunggu sakit untuk menetapkan resolusi yang satu ini.

4. Hemat
Resolusi hemat yang dimaksud di sini adalah hemat demi mengubah gaya hidup sehat. Mulailah kurangi kebiasaan tergantung pada naik mobil atau ojek, untuk pergi ke tempat-tempat yang sebenarnya tidak terlalu jauh.

Anda bisa berjalan kaki atau naik sepeda saja ke kantor. Selain menyehatkan diri sendiri, kebiasaan itu juga akan menyehatkan lingkungan karena berkurangnya polusi.

Mulailah rutin olahraga yang murah meriah, seperti berlari atau senam aerobik bersama di luar ruangan.

5. Hindari stres
Mulai sekarang hindarilah stres. Pikiran yang stres bisa menyebabkan insomnia, depresi, hingga memperburuk penyakit jantung dan penyakit lainnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com