Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/12/2016, 12:10 WIB
Dian Maharani

Penulis

 JAKARTA, KOMPAS.com - Meski sedang berlibur, bukan berarti juga libur menjaga kesehatan. Dokter spesialis jantung dan pembuluh darah dari Rumah Sakit Jantung Harapan Kita, Yoga Yuniadi mengungkapkan, berdasarkan catatan di UGD Rumah Sakit Jantung Harapan Kita, kasus serangan jantung justru meningkat saat musim liburan dan akhir pekan.

"Masalahnya orang kalau liburan itu biasanya makannya banyak, enggak terkontrol. Dengan begitu ada risiko penyakit karena asupan lemak, kolesterol berlebihan, dan garam berlebihan," terang Yoga kepada Kompas.com, Kamis (29/12/2016).

Yoga pun memaparkan beberapa tips untuk menjaga kesehatan jantung selama liburan.

1. Kontrol makanan
Hindari makan berlebihan selama liburan, seperti makanan tinggi lemak, gula, dan garam. Jangan lupa untuk perbanyak konsumsi sayur fan buah-buahan. Makan berlebihan bisa memicu penumpukan lemak di pembuluh darah.

2. Sesuaikan kegiatan liburan dengan kemampuan
Selama liburan, sesuaikan kegiatan dengan kemampuan. Khususnya bagi orang tua. Apabila belum terbiasa, hindari kegiatan liburan dengan medan yang menantang dan membutuhkan kekuatan fisik.

"Jadi harus mengukur diri. Mengacu pada ukuran objektif, seperti heart rate. Itu bisa dikonsultasikan ke dokter bagaimana heart rate yang aman sesuai usia," jelas Yoga.

3. Sempatkan olahraga
Saat liburan, biasanya olahraga akan dilupakan. Padahal, olahraga sangat penting untuk membantu membakar kalori setelah banyak makan.

Sempatkanlah olahraga di sela-sela liburan. Misalnya saat menginap di hotel, sempatkan jogging pada pagi hari atau bersepeda.

4. Jangann lupa minum obat
Apabila Anda memiliki penyakit tertentu seperti hipertensi, jangan lupa bawa obatnya. Tekanan darah tinggi bisa memicu terjadinya penyakit jantung.

Apalagi sebelumnya konsumsi makanan yang meningkatkan tekanan darah. Sering kali orang lupa membawa atau minum obat saat menikmati liburan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com