Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Organ Tubuh yang Terganggu jika Sirkulasi Darah Buruk

Kompas.com - 23/12/2016, 15:40 WIB
Dian Maharani

Penulis

Sumber BOLDSKY

KOMPAS.com - Sirkulasi darah yang baik sangat berperan untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. Buruknya sirkulasi darah dapat memengaruhi berbagai organ tubuh, mulai dari jantung hingga otak. Bila salah satu organ vital tubuh tidak mendapat cukup darah maka akibatnya bisa fatal.

Seperti dikutip dari Boldsky.com, sirkulasi darah yang tidak lancar bisa dipicu oleh kebiasaan merokok, sering cemas dan stres, tekanan darah tinggi, obesitas, kolesterol, diabetes, hingga gangguan makan.

Berikut beberapa organ tubuh yang terdampak akibat buruknya sirkulasi darah.

1. Jantung
Sirkulasi darah yang terhambat ke daerah jantung bisa menyebabkan serangan jantung dan matinya otot-otot jantung karena tak mendapat suplai darah dan oksigen. Masalah ini bisa terjadi ketika ada plak di pembuluh darah yang menyumbat aliran darah.

2. Otak
Masalah yang sama seperti jantung apabila sumbatan terjadi di daerah otak. Ketika aliran darah ke otak dibatasi, seseorang bisa mengalami sakit kepala, pusing, kelelahan, hingga penurunan memori.

3. Kaki
Kaki juga sering menjadi tempat munculnya gangguan sirkulasi darah. Sirkulasi darah yang tidak lancar di daerah kaki bisa menyebabkan kram, mati rasa, bahkan varises. Peregangan pada kaki secara teratur sangat penting agar tidak kaku.

4. Ginjal
Ginjal merupakan salah satu organ vital dalam tubuh manusia yamg berfungsi menyaring darah dan mengeluarkan racun. Apabila oksigen dan nutrisi tidak dapat menuju ginjal akibat buruknya sirkulasi darah, fungsi ginjal pun akan terganggu. Efek yang akan terasa adalah kaki dan tangan bengkak, serta kelelahan.

5. Hati
Seperti halnya ginjal, hati juga menjalankan fungsi penting dalam tubuh untuk membersihkan darah hingga memproduksi empedu untuk membantu sistem pencernaan. Sirkulasi darah yang buruk di daerah hati dapat mengubah warna kulit kekuningan hingga penurunan berat badan secara tiba-tiba.

Agar sirkulasi darah selalu lancar, konsumsilah makanan yang sehat. Selain itu, olahraga teratur juga sangat penting untuk melancarkan aliran darah ke seluruh tubuh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber BOLDSKY
Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com