Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yang Terjadi pada Otak dalam 1000 Hari Pertama Kehidupan

Kompas.com - 18/12/2016, 11:15 WIB
Dian Maharani

Penulis

 JAKARTA, KOMPAS.com - Pertumbuhan otak yang sangat pesat teradi pada 1000 hari pertama kehidupan atau usia 0-2 tahun. Jangan sia-siakan kesempatan emas untuk mengoptimalkan perkembangan otak si kecil pada usia itu.

Dokter spesialis anak konsultan tumbuh kembang, dr. Bernie Endyarni Medise, SpA (K), mengungkapkan, berat otak bayi yang baru lahir 9 bulan rata-rata 400 gram.

Kemudian, pada usia 2-3 tahun menjadi sekitar 1100 gram. Saat dewasa, beratnya menjadi sekitar 1400 gram

"Dari baru lahir sampai usia tiga tahun pertambahan berat otak sekitar 700 gram. Sedangkan dari usia tiga tahun ke dewasa, hanya bertambah sedikit. Jadi pertumbuhan yang pesat diawal kehidupan adalah otak," jelas Bernie dalam diskusi kesehatan anak di Brawijaya Clinic, Jakarta Selatan, Sabtu (17/12/2016).

Dari ukurannya juga bisa dilihat, yakni saat masih janin atau dalam kandungan ibu, pertumbuhan kepala dan tubuh bisa dikatakan 50 persen kepala dan 50 persen tubuh. Artinya, saat itu ukuran kepala dan tubuh hampir sama.

Kemudian saat bayi lahir, perbandingan kepala dan tubuh menjadi satu banding tiga. Beranjak dewasa, pertumbuhan kepala dan tubuh menjadi satu banding tujuh.

Saat baru lahir, otak bayi terlihat masih polos atau masih sedikit sel-sel saraf otaknya. Makin lama makin banyak terlihat seperti serabut di otak sampai usia dua tahun. Dalam perkembangannya, sel neuron atau saraf otak akan saling tersambung.

"Ada sel neuron dengan sel otak lainnya itu akan tersambung atau disebut sinapstogenesis," lanjut Bernie.

Semakin banyak yang tersambung, koneksi di otak semakin baik. Akan tetapi, butuh dukungan nutrisi dan stimulasi agar sinaps semakin banyak terbentuk.

Bernie menuturkan, jika sel-sel yang sudah tersambung jarang digunakan oleh anak maka akan hilang dengan sendirinya atau mati. Kondisi itu disebut pruning.

Apa yang terjadi pada perkembangan otak anak pada 1000 hari pertama kehidupannya itu pun memengaruhi kemampuan otak saat dewasa. Sebab, saat sudah dewasa, otak tak lagi berkembang seperti saat masih anak-anak.

"Maka kebutuhan nutrisi hingga stimulasi sangat penting pada awal kehidupan. Pada 1000 hari pertama itu adalah suatu jendela yang unik," ujar Bernie.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com