Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/12/2016, 10:15 WIB
Dian Maharani

Penulis

 JAKARTA, KOMPAS.com - Gigi susu merupakan gigi yang pertama kali tumbuh pada bayi. Umumnya, gigi susu mulai muncul pada usia 5 bulan. Hanya sedikit kasus yang sudah muncul pada usia 3 bulan atau bahkan terlambat sampai usia 1 tahun.

Nah, biasanya anak pun menunjukkan tanda-tanda ketika gigi susunya mau tumbuh. Apa saja itu?

Dokter Gigi Meil Yusra mengungkapkan, tanda umumnya antara lain, anak rewel, pengeluaran air liur lebih banyak dari biasanya, dan anak suka mengigit jari maupun mainan.

"Bayi jadi suka menangis enggak jelas sebabnya. Ketika pengeluaran air liur banyak, bayi juga bisa jadi batuk-batuk," jelas Meil dalam diskusi kesehatan anak di Brawijaya Clinic, Jakarta Selatan, Sabtu (17/12/2016).

Sementara itu, bayi menjadi suka menggit jari karena daerah gusi yang gatal ketika gigi susu akan tumbuh. Bayi bisa diberikan mainan yang steril untuk ia gigit.

Tanda lainnya, bayi bisa mengalami diare, demam tinggi secara tiba-tiba tapi tidak berlangsung lama, menolak untuk makan, lemas, hingga hematoma gusi atau bagian gusi terlihat membengkak.

Meil menjelaskan, anak menjadi malas makan karena gusinya terkadang terasa sakit. Masalah ini bisa menyebabkan berat badan anak menurun.

Kondisi tersebut masih wajar terjadi pada anak yang gigi susunya akan tumbuh. Namun, jika berat badan turun drastis atau tidak kembali seperti semula, lebih baik segera konsultasi ke dokter.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com