Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapan Usia yang Tepat Ajak Anak Menonton di Bioskop?

Kompas.com - 16/12/2016, 21:36 WIB
Dian Maharani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak hal yang perlu diperhatikan sebelum mengajak anak menonton film di bioskop. Salah satu yang terpenting adalah soal usia anak.

Sebenarnya, kapan usia yang tepat anak sudah bisa diajak nonton di bioskop? Menurut psikolog dari Rumah Dandelion Carmelia Riyadhni, usia yang tepat adalah mulai 6-7 tahun atau usia sekolah.

Sebab, menonton di bioskop memiliki suasana yang berbeda dengan menonton lewat televisi di rumah. Di bioskop, gambar terlihat sangat besar, suara lebih keras, dan suasana sangat gelap.

"Di bawah usia itu, anak masih lebih sensitif terhadap suara, gambar, dan gelap. Anak bisa terganggu dan merasa enggak nyaman," kata Carmel di Jakarta, Jumat (16/12/2016).

Selain itu, anak-anak yang balita masih melihat sesuatu seperti dalam kehidupan nyata. Mereka memiliki daya serap yang cukup tinggi sehingga cepat meniru sesuatu saat mendengar maupun melihat di film.

"Apa yang dia tonton dan suasana saat menonton bisa terbawa ke kehidupannya," jelas Carmel.

Efeknya bisa berbeda-beda pada setiap anak. Itu pun tergantung film yang ditontonnya. Efek buruknya, anak bisa menjadi ketakutan setelah menonton film, mimpi buruk, hingga mengganggu jam tidur.

Anak sebaiknya tidak diajak ke bioskop ketika kedua orangtuanya lah yang ingin menonton film kategori dewasa.

Apabila ingin mengajak anak, orangtua tentu harus memerhatikan jenis film yang akan ditonton bersama. Hindari film yang mengandung unsur kekerasan dan hubungan seksual.

Saat sudah memasuki usia yang tepat, orangtua pun sebaiknya memberi gambaran suasana di bioskop sebelum mengajak si kecil menonton film.

Misalnya, menceritakan bahwa bioskop sangat gelap saat film diputar, suara lebih kencang dan terdengar jelas, tidak boleh berisik dan jalan-jalan. Atau bisa juga diawali dengan menonton di rumah dengan suasana seperti di bioskop.

Setelah menonton film bersama, ayah maupun ibu dapat menanyakan si kecil pendapatnya mengenai film tersebut. Orangtua juga bisa menjelaskan pesan moral yang diangkat dari film itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com