Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anyo Run, Berlari Sambil Beramal untuk Kanker Anak

Kompas.com - 11/12/2016, 20:44 WIB
Dian Maharani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kanker bisa menyerang siapa saja, termasuk anak-anak. Di Indonesia, diperkirakan ada 4100 kasus baru kanker anak setiap tahunnya.

Gejala kanker pada anak sering kali tak disadari, sehingga diagnosis maupun penanganan medis kerap terlambat.

Bicara soal kanker, masalah yang muncul pun tak hanya soal bagaimana mengatasi penyakitnya secara fisik, tetapi juga psikologis anak dan orangtua yang mendampingi.

Untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai kanker anak, Yayasan Anyo Indonesia (YAI) pun menggelar kegiatan lari, Anyo Run di Alam Sutera, Serpong, Tangerang Selatan pada 12 Februari 2017 mendatang.

YAI melalui adanya Rumah Anyo selama ini telah menjadi rumah sementara untuk anak-anak pasien kanker dari berbagai wilayah di Indonesia yang sedang menjalani pengobatan di rumah sakit di Jakarta.

"Tujuan Anyo Run menyebarluaskan awareness kanker pada anak dan menghimpun dana untuk program awareness tersebut," ujar Ketua YAI Pinta Manullang-Panggabean, Minggu (11/12/2016).

Selain itu, Anyo Run juga  sekaligus untuk memeringati Hari Kanker Anak Sedunia. Pendaftaran Anyo Run sudah dimulai di www.anyorun.com itu meliputi kategori lari 5 K, 10 K, dan 16,8 K.

Tak hanya untuk berlari, uang pendaftaran tersebut sudah termasuk donasi untuk kegiatan edukasi kanker anak di sejumlah daerah di Indonesia. Ajang berlari sambil beramal untuk kanker pada anak ini pun sudah dua kali digelar di Alam Sutera.

Pinta berharap, Anyo Run bisa digelar setiap tahunnya serta terus menebarkan kesadaran dan kepedulian kanker anak.

Dengan mengambil tema Care to Cure, kepedulian keluarga dan masyarakat diharapkan dapat mendukung anak dengan kanker untuk sembuh dan meningkatkan kualitas hidupnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com