Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/12/2016, 11:23 WIB
Dian Maharani

Penulis

KUPANG, KOMPAS.com - Kantin sekolah ikut andil dalam menjaga kesehatan anak. Kantin di sekolah seharusnya menjual makanan yang bergizi dan bersih.

Seperti di Sekolah Dasar Inpres Bertingkat Kelapa Lima 1, Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT). Kantin di sekolah ini tidak menjual makanan berpengawet atau pun camilan gurih yang banyak diberikan penyedap rasa.

Kepala Sekolah SD Inpres Bertingkat Kelapa Lima 1, Olifia Manafe menuturkan, semua jajanan dibuat sendiri oleh pegawai kantin sekolah.

"Mereka membuat makanan tanpa pengawet dan menjaga kebersihan kantin. Pihak sekolah ikut mengawasi," kata Olifia.

Setiap harinya, kantin sehat di sekolah dasar ini menyediakan 5-6 jenis camilan yang bervariasi. Ada kue tar susu yang dipotong kecil-kecil, ada risol, tahu, hingga pangan lokal seperti jagung dan ubi rebus.

"Jagung ubi itu kan pengganti nasi jadi kami siapkan di sini, supaya anak yang tidak konsumsi di rumah bisa konsumsi di sini," jelas Olifia.

Gubernur NTT, Frans Lebu Raya pun mengimbau anak-anak konsumsi pangan lokal. Menurut Frans, pangan lokal juga bisa diolah menjadi makanan bergizi dan lezat.

Sekolah bahkan mengatur anak untuk tidak jajan sembarangan di luar sekolah. Sebab, jajanan di luar sekolah belum terjamin keamanannya bagi anak.

"Memang tak semudah membalik telapak tangan. Perlu kerja keras guru-guru di sekolah supaya anak tidak jajan sembarangan di luar," ungkap Olifia.

Upaya yang dilakukan agar anak mau jajan di kantin sekolah adalah dengan memberikan edukasi.

Melalui program Gerakan Nusantara oleh Frisian Flag Indonesia, sejumlah guru mendapat pelatihan mengenai gizi seimbang, termasuk bagaimana jajanan yang sehat di sekolah.

Materi pelatihan jajajan yang sehat itu disiapkan oleh Pusat Kajian Gizi dan Kesehatan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia. Program Gerakan Nusantara juga merombak lingkungan kantin menjadi lebih bersih.

Kini, sudah semua anak murid jajan di kantin sekolah. Setiap jam istirahat pukul 09.00, jajanan di kantin sekolah pun habis terjual. Pihak kantin biasanya membuat porsi lebih dan makanan berat ketika ada kegiatan ekstrakulikuler di sekolah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com