Universitas di Inggris yang Patut Dilirik meskipun Bukan Top 100 Dunia - Kompas.com

Universitas di Inggris yang Patut Dilirik meskipun Bukan Top 100 Dunia

Yunanto Wiji Utomo
Kompas.com - 06/12/2016, 21:18 WIB
Goldsmith Goldsmith, University of London

KOMPAS.com - Ada 13 universitas di Inggris yang masuk daftar 100 universitas terbaik Time World University Ranking 2016-2017. Universitas-universitas tersebut diantaranya University of Oxford, University of Cambridge, Imperial College London, University College London, University of Glasgow, dan University of Edinburgh.

Namun, selain universitas-universitas itu, ada banyak pilihan universitas di Inggris yang layak menjadi tujuan pendidikan walaupun tak masuk 100 terbaik. Ingat, melilih universitas tak selalu harus berdasarkan rankingnya. (Baca: Kuliah di Inggris, Apakah Benar Oxford dan Cambridge Pilihan Terbaik?)

Selama 15 - 27 November 2016, Kompas.com mengunjungi sejumlah universitas di Inggris Raya yang tersebar di Inggris (England) dan Skotlandia serta bertemu dengan mahasiswa-mahasiswa asal Indonesia. Berikut perguruan tinggi di luar Top 100 Time World University Ranking 2016-2017 layak diperhitungkan.

London School of Hygiene and Tropical Medicine

Bagi yang ingin melanjutkan pendidikan di bidang kedokteran, London School of Hygiene and Tropical Medicine bisa menjadi salah satu pilihan. Perguruan tinggi ini menawarkan program master dan doktor yang fokus pada bidang kedokteran tropis.

Menurut Kristian Wongso Giamto, salah satu mahasiswa Indonesia di universitas itu, London School of Hygiene and Tropical Medicine punya banyak pakar, riset, serta data terkait penyakit tropis. Pakar dan sumber data sangat mendukung siapa pun yang berminat menekuni bidang itu.

Lantas kenapa perguruan tinggi itu tak masuk 100 besar? Bukan karena kurang bagus, tetapi karena perhitungan untuk ranking universitas ditentukan oleh ada tidaknya program S-1 serta keragaman bidang studi. London School of Hygiene and Tropical Medicine fokus pada bidang yang sangat spesifik serta tak menawarkan program S-1.

Coventry University

Coventry University layak dilirik oleh siapa pun yang berminat menekuni bidang-bidang "millenial". Universitas ini menawarkan program studi aerospace engineering, fashion design, product design, hingga sport marketing. Program tersedia dari jenjang S-1 hingga S-3.

Di Inggris, Coventry University dikenal dengan kerja samanya yang baik dengan dunia industri. Bahkan, punya ruang kuliah yang berada di pabrik. Universitas itu fokus pada pengembangan keahlian, layak bagi siapa pun yang berharap lulus dan siap bekerja di bidang yang diminati.

Kenapa universitas ini tak masuk 100 besar? Salah satu alasannya adalah usiannya yang belum genap 50 tahun. Sebelumnya, Coventry University berstatus Politeknik. Status universitas baru diraih tahun 1992. Tapi, tiga tahun berturut-turut sejak 2014, Coventry dinobatkan sebagai Modern University of the Year oleh The Times.

University of Stirling

University of Stirling cocok untuk siapa pun yang bercita-cita menjadi peneliti perikanan, mengembangkan bisnis perikanan, serta menjadi ahli dalam bidang keolahragaan. Program Budidaya Perairan di universitas itu merupakan salah satu yang terbaik di dunia, begitu juga dengan bidang Health Science and Sport.

Winarti Sarmin, salah satu mahasiswa program S-3 di universitas itu, mengatakan bahwa program budidaya perairan menawarkan berbagai konsentrasi, mulai genetika, penyakit, hingga teknologi budidaya. Sementara dalam bidang Health Science and Sport, universitas itu memiliki fasilitas yang paling baik di Inggris.

University of Stirling juga cocok bagi yang mendambakan belajar di kota kecil di Skotlandia. Berjarak 1 jam perjalanan dari Glasgow, Stirling cukup tenang dan berlokasi kurang dari 5 kilometer dari Kastil Stirling. Selain bidang budidaya perairan dan keolahragaan, Stirling juga menawarkan bidang bisnis hingga data science.

Goldsmith, University of London

Coventry University, University of Stirling, dan Goldsmith bahkan tak masuk 200 perguruan tinggi terbaik menurut Time Higher Education. Namun, ketiganya punya keunggulan dalam bidang tertentu. Bila Coventry dan Stirling unggul dalam rekayasa dan budidaya, Goldsmith unggul dalam bidang humaniora.

Jadi, siapa saja yang berminat belahar antropologi, musik, seni lukis dan menulis, tari, dan jurnalistik, Goldsmith adalah salah satu tempat terbaik. Goldsmith juga menawarkan Creative and Cultural Enterpreneurship, mahasiswa belajar mengembangkan bisnis selain berorientasi keuntungan juga punya dampak sosial.

Di bidang jurnalistik, Goldsmith tidak hanya mengajak mahasiswa belajar teori. Perguruan tinggi itu juga mengembangkan situs East London Lines yang menjadi ajang belajar bagi mahasiswa untuk menemukan berita dan mengelola redaksi media. Situs bisa diakses publik sehingga siapa pun bisa mengkritik.

Selain empat universitas di atas, Inggris juga masih punya perguruan tinggi lain yang tak kalah berkualitas. Queen Mary University of London, University of Birmingham, Cardiff University adalah beberapa diantaranya.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
PenulisYunanto Wiji Utomo
EditorYunanto Wiji Utomo
Komentar
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM