Teka-teki Harta Hitler, di Mana Disembunyikan? - Kompas.com

Teka-teki Harta Hitler, di Mana Disembunyikan?

Kontributor Sains, Monika Novena
Kompas.com - 30/11/2016, 20:33 WIB
WIKIPEDIA MV Wilhelm Gustloff.

KOMPAS.com — Hingga kini, masih banyak teka-teki seputar Hitler yang masih menjadi sebuah misteri. Bukan hanya soal kehidupannya, melainkan juga harta benda yang ia tinggalkan.

Selama Perang Dunia Kedua, Nazi mencuri jutaan poundsterling harta berharga yang terdiri dari emas serta benda-benda seni. Namun, harta tersebut hingga kini tidak pernah ditemukan.

Pemburu harta karun yang terobsesi bertahun-tahun mencoba melacak harta Hitler.

Kini, seorang penyelam mengklaim telah menemukan harta karun yang hilang milik Hitler sebesar 100 juta poundsterling.

Harta karun itu tersembunyi di sebuah kapal karam di dasar Laut Baltik.

Penyelam bernama Phil Sayer percaya bahwa harta tersebut terkubur di sebuah kapal perang Jerman MV Wilhelm Gustloff yang terletak 450 meter di dasar Laut Baltik.

Kapal itu tenggelam oleh torpedo Soviet di lepas pantai Polandia pada Januari 1945, menewaskan 9.500 pelaut.

Dugaan mengenai keberadaan harta di kapal perang Jerman ini tampaknya juga dibenarkan oleh salah satu korban selamat tragedi kapal, Wilhelm Gustloff.

Saat hari naas itu terjadi, Rudi Lange merupakan salah satu awak kapal yang bertugas di bagian pengendali radio. Ia bercerita jika melihat peti yang dipercaya membawa emas dimuat ke dalam kapal.

Rudi Lange turun ke dermaga untuk merokok dan kebetulan saat itu proses pemindahan kargo sedang berlangsung.

"Kami mengetahuinya, semua kargo dipindahkan dengan keamanan yang ketat," katanya seperti dikutip dari Daily Mail, Selasa (29/11/2016).

"Rudi sebenarnya tidak menyadari mengenai muatan di kapal hingga bertemu dengan korban selamat lainnya pada tahun 1972. Korban tersebut merupakan penjaga yang diberi tugas untuk menjaga emas dan dia kemudian mengungkapkan apa sebenarnya isi kargo-kargo itu," kata Sayer.

Sayer juga menjelaskan pengalamannya dalam ekspedisi menyelam yang ia lakukan tahun 1988. Ia melihat ada sebuah ruang yang dirancang lebih kuat di dalam kapal.

Pencarian harta Hitler ini rupanya juga dilakukan di daerah Walbrzych di tenggara Polandia oleh pemburu harta lainnya.

Legenda setempat mengatakan, Nazi menyembunyikan gerbong sarat dengan emas dan permata di sebuah terowongan rahasia di suatu tempat di wilayah tersebut.

Andreas Richter dan Piotr Koper menggali di sebuah situs dekat rel kereta api di Walbrzych. Kedua orang ini yakin jika ada harta di lokasi tersebut.

Namun, setelah menggali tiga lubang, juru bicara mengungkapkan bahwa tidak ada kereta maupun terowongan yang ditemukan.

PenulisKontributor Sains, Monika Novena
EditorTri Wahono
Komentar
Close Ads X