Redakan Nyeri Sendi dengan Tetap Aktif di Cuaca Dingin - Kompas.com

Redakan Nyeri Sendi dengan Tetap Aktif di Cuaca Dingin

Lily Turangan
Kompas.com - 29/11/2016, 17:51 WIB
Shutterstock Ilustrasi

KOMPAS.com - Musim hujan dan cuaca dingin memberikan tantangan tersendiri bagi orang-orang dengan arthritis. Nyeri sendi semakin sering muncul dan rasa sakitnya nyaris tak tertahankan.

Bila Anda memiliki arthritis, olahraga atau tetap aktif bukanlah suatu pilihan, melainkan penting untuk terus dilakukan.

"Benar-benar penting bagi orang-orang dengan arthritis untuk tetap aktif secara fisik," kata Patience White, MD, profesor kedokteran dan pediatri di George Washington University. "Untuk kesehatan sendi, Anda harus bergerak agar jaringan di sekitar sendi menjadi kuat."

Tapi banyak orang dengan nyeri arthritis cenderung tidak berolahraga. Ada satu studi yang mengatakan, hanya 13 persen dari laki-laki dan delapan persen wanita dengan arthritis yang berolahraga sesuai rekomendasi ahli (setidaknya 150 menit seminggu).

Dorongan untuk duduk saja di rumah semakin kuat saat cuaca sedang dingin dan sebenarnya ini membuat nyeri sendi menjadi lebih buruk. Ketika cuaca berubah, jaringan di sekitar sendi bertambah luas, menambah tekanan pada sendi sehingga menambah derajat rasa sakit.

Tip agar tetap aktif di musim dingin

1. Berjalan-jalan di mal.

Terlalu dingin untuk berjalan di udara luar, apalagi jika sedang hujan? "Mal ini tempat yang bagus untuk berjalan-jalan karena udaranya lebih hangat dibanding di luar. Meski memakai AC, banyaknya manusia yang ada di dalam mal membuat cuacanya lebih hangat," kata Irene Blanco, MD, profesor kedokteran di Albert Einstein College of Medicine dan rheumatologist di Montefiore Medical Center.

2. Berenang di dalam ruangan.

Berenang adalah latihan yang sangat baik bagi orang-orang dengan nyeri arthritis, karena tekanan air membuat sendi lebih mudah digerakkan dan dapat meningkatkan jangkauan gerak Anda.

3. Berolahraga di rumah.

Jika Anda tidak menyukai dua opsi di atas, Anda bisa tetap di rumah, namun jangan hanya duduk menonton TV. Bergeraklah, lakukan senam ringan yang menjangkau seluruh persendian Anda.

4. Hubungi klub arthritis di daerah Anda.

Klub adalah tempat yang sangat baik untuk saling bertukar pengalaman dengan sesama penderita arthritis dan berolahraga bersama.

Kebanyakan klub memiliki kelas olahraga khusus yang bisa Anda ikuti dalam rangka tetap aktif secara fisik. memeriksa kelas dalam ruangan selama musim dingin.

5. Mengubah kegiatan sehari-hari Anda menjadi latihan.

"Banyak pasien saya lihat tidak mampu untuk pergi ke gym atau menyewa seorang pelatih," kata Dr Blanco.

Tapi naik turun tangga, senam, berkebun, membereskan rumah setidaknya selama 20 menit setiap hari adalah kegiatan yang mudah dan pasti bisa Anda lakukan kapan saja di rumah.

Blanco menambahkan, mengenakan sedikit beban di pergelangan kaki dapat menambah intensitas latihan olahraga Anda menjadi lebih layak dan akan bermanfaat untuk persendian.

Sesuaikan berat beban dengan kemampuan Anda masing-masing, usahakan agar tidak melebihi kemampuan dan tidak juga terlalu ringan untuk mencapai hasil yang maksimal.

6. Berolahraga dengan bantuan DVD.

Anda tidak tahu bagaimana bentuk olahraga yang tepat untuk penderita arthritis? Cobalah cari DVD yang memberikan instruksi olahraga khusus penderita arthritis dan nyeri sendi. Jika tak bisa menemukannya di toko, Anda bisa mencarinya di internet atau di Youtube.

Taichi adalah salah satu jenis olahraga yang dianjurkan untuk orang-orang dengan arthrtitis selain yoga.


Jika Anda ingin menikmati cuaca dingin sambil menggerakkan badan di luar rumah, perhatikan hal-hal ini:

- Pastikan Anda tetap hangat.

- Kenakan sarung tangan.

- Jika perlu, gunakan masker wajah.

- Kenakan pakaian berlapis.

- Jika Anda tidak yakin, apakah jenis latihan yang Anda inginkan baik atau tidak untuk persendian, tanyakan ke dokter.

- Jika Anda memiliki osteoarthritis, tulang Anda mungkin lebih rapuh. Pastika jika Anda berjalan atau berolahraga, Anda melakukannya di daerah yang tidak licin dan berpemukaan rata agar Anda tidak tersandung dan jatuh, kemudian tulang Anda menjadi cedera.

 

 

 

 

PenulisLily Turangan
EditorBestari Kumala Dewi
Komentar
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM