Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/11/2016, 20:32 WIB
Dian Maharani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kebiasaan sehari-hari yang dilakukan orangtua ternyata bisa menghambat tumbuh kembang bayi. Contohnya adalah kebiasaan terlalu sering menggendong bayi.

Menurut Dokter spesialis kedokteran fisik dan rehabilitasi medik, Maria Eva Dana, terlalu sering menggendong bayi bisa memerlambat perkembangan berjalan anak atau motoriknya.

"Jangan selalu digendong. Digendong hanya seperlunya saja. Kalau terus digendong, bisa memerlambat perkembangannya," kata Dana di Kementerian Kesehatan, Kamis (24/11/2016).

Dana mengatakan, bayi juga perlu diletakkan di kasur agar leluasa bergerak dan belajar sendiri. Sesekali orangtua juga bisa membantu memiringkan badan bayi, agar tak selalu dalam posisi telentang.

Jangan lupa dengan memberikan mainan yang bisa digenggam dan dilihat bayi. Mainan itu bisa diletakkan di samping atau menggantung di atas tubuh bayi.

"Jadi ada sesuatu yang menarik dia untuk bergerak," jelas Dana.

Sesuatu yang menarik perhatian bayi itu pun bisa untuk mengatasi bayi agar tidak terlalu rewel. Jika terlalu sering digendong, khawatir bayi akan selalu rewel setiap kali diletakkan. Akhirnya, bayi bisa malas belajar merangkak hingga berjalan nantinya.

Begitu pula halnya dengan membedong bayi. Jangan terlalu lama membendong bayi dan biarkan tangannya keluar dari kain bedong agar bisa bergerak bebas, sehingga merangsang motoriknya.

Menurut Dana, orangtua juga perlu memantau tabel perkembangan anak. Orangtua perlu waspada, jika pada usia 3-4 bulan, bayi belum bisa tengkurap atau belum bisa duduk pada usia 9-10 bulan.

"Usia satu tahun anak belum berdiri-diri juga harus diwaspadai," kata Dana. Jika mencurigai anak mengalami keterlambatan berjalan, seggera kunjungi dokter. Apabila terdapat kelainan, bisa dilakukan intervensi lebih dini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com