Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/11/2016, 17:00 WIB
Dian Maharani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Insomnia alias susah tidur dalam jangka panjang bisa menimbulkan masalah kesehatan serius jika dibiarkan. Untuk mencegah datangnya insomnia, jangan terburu-buru konsumsi obat tidur.

Menurut dr. Astuti Sp.S (K) dari Klinik Gangguan Tidur di RSUP Dr. Sardjito, Yogyakarta, pencegahan insomnia bisa dimulai dengan memperbaiki aktivitas sehari-hari sebelum tidur.

1. Hindari olahraga sebelum tidur

Olahraga teratur memang disarankan. Akan tetapi, jangan olahraga sebelum waktu tidur. Jika Anda sering kesulitan tidur, seharusnya sudah tidak olahraga pada 4 jam sebelum tidur.

"Banyak sekali paradigma yang salah di masyarakat, bahwa olahraga bisa langsung tidur. Padahal, bisa jadi gelisah dan enggak bisa tidur," kata Astuti.

2. Perbaiki pola makan sebelum tidur

Sudah umum diketahui jika sebelum tidur sebaiknya hindari minum kopi maupun teh karena mengandung kafein. Selain bisa membuat sulit tidur, minuman tesebut juga bisa merangsang perut jadi tidak nyaman.

Hindari juga makanan yang susah diproses, merokok, dan akohol sebelum tidur. "Lebih bagus makan dessert, seperti buah-buahan dan sayuran yang tidak merangsang perut," ujar Astuti.

3. Pakai baju yang nyaman

Pakaian juga membantu seseorang bisa tidur lebih nyenyak. Pakailah baju tidur yang nyaman, misalnya yang berbahan lembut, tidak panas, longgar, atau tidak terlalu ketat.

Pakaian yang nyaman membantu seseorang lebih mudah memulai tidur saat sudah berbaring di kasur.

4. Berpikiran positif

Pikiran ternyata dapat memengaruhi kualitas tidur seseorang. Jangan stres atau memikirkan sulit tidur. Berdoa dan meditasi sebelum tidur bisa membuat pikiran rileks sehingga kantuk lebih mudah datang.

"Kalau mikir enggak bisa tidur, ya enggak bakal bisa tidur. Semakin memaksakan tidur, semakin enggak bisa tidur. Santai saja," jelas Astuti.

Jika selama satu jam sudah berbaring, tetapi belum tertidur juga, sebaiknya keluar kamar dahulu. Jika sudah merasa mengantuk kembali atau lelah, baru kembali masuk ke kamar.

5. Ciptakan kamar yang nyaman

Buatlah kamar tidur senyaman mungkin. Sebaiknya tidak terlalu banyak barang di dalam kamar. Selain itu, gunakan kamar hanya untuk tidur maupun aktivitas suami istri.

"Kamar jangan dipakai untuk kerja, WA (Whats App), atau nonton TV," kata Astuti.

Boleh membaca buku sebelum tidur, tetapi sebaiknya buku yang isinya ringan. Bisa juga mendengarkan musik yang pelan dan bikin rileks.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com