Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/11/2016, 07:35 WIB
Ayunda Pininta

Penulis

Sumber Fox News

KOMPAS.com - Sebagian orang membawa gen yang dapat membuat mereka lebih suka terhadap rasa asin, sebuah studi baru menemukan.

Peserta studi yang memiliki variasi tertentu dari gen yang disebut TAS2R48 lebih mungkin untuk makan terlalu banyak sodium ketimbang mereka yang tidak memiliki varian gen ini, menurut penelitian yang dirilis dalami sesi ilmiah American Heart Association, New Orleans.

"Dengan mengidentifikasi yang varian gen seseorang, kami dapat membantu seseorang membuat pilihan makanan yang lebih baik disesuaikan dengan gen mereka," kata Jennifer Smith, Ph.D. mahasiswa keperawatan di University of Kentucky College of Nursing dan penulis utama studi tersebut.

“Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memahami bagaimana gen seseorang memengaruhi berapa banyak natrium yang mereka makan.”

The American Heart Association (AHA) merekomendasikan bahwa orang harus membatasi natrium dalam makanan mereka sebanyak 2.300 miligram (mg) per hari atau sekitar 1 sendok teh. Terlalu banyak garam dapat meningkatkan risiko darah tinggi.

Peserta dalam penelitian ini memiliki variasi gen yang hampir dua kali lebih mungkin untuk mengonsumsi batas 2.300 mg per hari, dibandingkan dengan orang yang tidak memiliki variasi ini, para peneliti menemukan. Dan ini bukan pertama kalinya gen TAS2R48 telah dikaitkan dengan pilihan rasa seseorang.

Penelitian sebelumnya telah menyatakan bahwa variasi tertentu dari gen juga meningkatkan persepsi seseorang tentang rasa pahit.

Ini mungkin menjadi alasan mengapa orang dengan gen tersebut cenderung menghindari makanan seperti brokoli dan sayuran gelap, sayuran hijau, dengan rasa agak pahit, kata para penulis.

"Ada beberapa penelitian yang menunjukkan, bahwa individu yang lebih peka terhadap rasa pahit juga lebih peka terhadap garam dan lebih menikmatinya, yang mengarah ke peningkatan asupan sodium," kata Smith.

“Teori lain adalah bahwa mereka menggunakan garam untuk menutupi rasa pahit dari makanan dan dengan demikian mereka mengonsumsi lebih banyak natrium," kata Smith.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Fox News
Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com