Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Akibatnya jika Terlalu Lama Pakai “High Heels”

Kompas.com - 09/11/2016, 21:26 WIB
Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja

Penulis

 

KOMPAS.com – Sepatu hak tinggi atau high heels memang identik dengan keanggunan wanita. Selain sebagai alas kaki, sepatu dengan hak yang tingi dianggap bisa membuat penampilan wanita menjadi lebih menarik.

Akan tetapi, perlu Anda ketahui bahwa terlalu lama ataupun terlalu sering menggunakan sepatu hak tinggi dapat merusak kesehatan kaki Anda.

"Sepatu hak tinggi tentu dapat merusak kaki jika dipakai sehari-hari dan untuk waktu yang lama,” kata seorang pakar kaki, Emma Lincoln.

Menggunakan sepatu hak tinggi secara terus menerus, memberikan tekanan yang lebih pada telapak kaki Anda. Selain itu, sepatu dengan hak yang runcing juga memaksa Anda untuk mencengkram menggunakan jari kaki.

Dia juga menjelaskan, hal ini dapat menyebabkan masalah yang lebih serius pada kaki, seperti gangguan pada saraf dan juga lecet. Lebih parahnya lagi, sepatu hak tinggi dapat menyebabkan struktur kaki berubah.

Emma mengungkapkan, berubahnya struktur kaki juga disebabkan oleh bentuk sepatu. Jika Anda menggunakan hak tinggi dan tipis, ini bisa menyebabkan cedera pada pergelangan kaki dan cedera pada jaringan lunak lainnya.

Lalu, bisa juga menyebabkan postur tubuh berubah, nyeri pada lutut juga punggung. Maka sebaiknya gunakan hak yang lebih tebal dan lebih rendah, untuk membuat kaki bisa berdiri lebih stabil.

Emma menyarankan untuk menggunakan bantalan pada sepatu Anda untuk mengurangi gesekan, serta membawa sepatu flat untuk berjaga jika Anda sudah tidak mampu berjalan menggunakan sepatu hak tinggi. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com