Mengapa Ular Tak Berkaki? Ilmuwan Temukan Jawabannya

Kompas.com - 26/10/2016, 19:17 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis

KOMPAS.com - Kebanyakan hewan memiliki kaki untuk bergerak. Tapi, salah satu hewan yang tidak mengandalkan kaki untuk bergerak adalah ular.

Mengapa ular tak berkaki? Sejauh ini, kita mungkin puas dengan jawaban: ular berevolusi.

Baca juga: Mengapa Ular Berganti Kulit secara Berkala?

Namun, dua ilmuwan dari University of Florida, ingin menyelidiki lebih dalam, terutama dari sisi genetika.

Mereka juga ingin tahu apakah evolusi akan bisa membuat ular menjadi berkaki pada masa depan.

Penelitian ilmuwan mengungkap, perkembangan kaki pada ular salah satunya ditentukan oleh gen "Sonic Hedgehog".

Nama "Sonic Hedgehog" diambil dari tulang serupa landak yang tumbuh saat perkembangan awal embrio ular.

"Itu adalah salah satu rangka tubuh teraneh pada vertebrata," kata Martin J Cohn yang melakukan riset.

Walaupun ular kini tak memiliki kaki, gen itu tetap eksis.

Gen tersebut bisa "hidup" dan "mati". Pada ular, gen itu dalam konsisi "mati" sehingga kaki tak tumbuh.

"Pada kadal, Sonic Hedgehog "hidup" dan bertindak sebagai motor, mendorong perkembangan alat gerak dari tangan hingga jari," jelas Cohn seperti dikutip National Geographic, Sabtu (23/10/2016).