Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inilah Serangga Terbesar yang Pernah Hidup di Bumi, Ukurannya Sebesar TV 27 Inci

Kompas.com - 17/10/2016, 20:35 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis

KOMPAS.com — Manusia kini mengenal serangga sebagai makhluk kecil nan indah. Namun, ada zamannya serangga bisa berukuran raksasa bak monster.

Matthew Clapham, paleobiolog dari Universoty of California, Santa Cruz, mengatakan, serangga terbesar yang pernah hidup di bumi adalah capung kuno dari genus Meganeuropsis.

Tak main-main, ukuran capung tersebut bisa setara dengan televisi 27 inci bila sedang merentangkan sayapnya. Fosil terbesar capung kuno itu ditemukan di Perancis dan Kansas, berasal dari masa 300 - 280 juta tahun lalu.

Ukuran capung kuno itu jauh lebih besar dari capung masa kini. Sebagai gambaran, capung terbesar saat ini hanya berukuran 8 inci.

Mengapa serangga masa lalu bisa berukuran raksasa? Tom Turpin, pakar serangga dari Purdue University, mengungkapkan, kadar oksigen yang tinggi pada masa lalulah yang mendukung ukuran raksasa serangga.

Penurunan kadar oksigen disertai dengan meningkatnya populasi burung kemudian membuat serangga raksasa tak bisa bertahan. Serangga diduga kalah bersaing dengan burung.

"Serangga raksasa kurang lincah bermanuver, terutama ketika mulai meloncat dari ranting pohon dan permukaan tanah," ungkap Clapham seperti dikutip National Geographic, Sabtu (15/10/2016).

Walaupun secara umum serangga masa kini berukuran kecil, tak berarti semua sebesar lalat, kecoa, atau kupu-kupu yang biasa kita lihat. Beberapa bisa dibilang raksasa.

Ngengat Atlas salah satunya, ukurannya sebesar DVD player. Kupu-kupu Alexandria bisa mencapai ukuran 11 inci dan kecoa Selandia Baru bisa berbobot 250 gram.

Indonesia sendiri juga mempunyai jenis serangga terpanjang, yaitu Phobaeticus chani. Panjang golongan megastick itu bisa mencapai 22 inci.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com