Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Don't Stop Me Now" dari Queen, Lagu Paling Membahagiakan Menurut Ilmuwan

Kompas.com - 21/09/2016, 20:30 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis

KOMPAS.com — Studi ilmuwan University of Missouri mengungkap lagu yang paling membahagiakan di dunia sepanjang masa. Lagu itu adalah "Don't Stop Me Now" dari Queen.

Untuk mengungkapnya, Jacob Jolij mengembangkan formula untuk menganalisis 126 lagu dalam kurun waktu 50 tahun terakhir.

Perusahaan rekaman di Inggris membantu mengumpulkan lagu yang membahagiakan menurut pendengar. Tiap lagu dianalisis menurut ketukan per menitnya, tema, dan liriknya.

Diberitakan Indy100, Selasa (20/9/2016), ilmuwan mengungkap, lagu yang membahagiakan memiliki ketukan lebih tinggi daripada lagu-lagu pop biasa.

"Bila tempo rata-rata lagu pop biasa sekitar 118 ketukan per menit, lagu-lagu yang membahagiakan punya ketukan 140-150 per menit," kata Jolij.

Dari sejumlah lagu yang dianalisis berdasarkan ketukan, tema, dan liriknya, lagu Queen berjudul "Don't Stop Me Now" adalah lagu yang paling membahagiakan.

Analisis itu mendapat beragam tanggapan. Seorang pengguna Reddit mengatakan, "Setiap negara pasti mempunyai lagu yang paling membahagiakan sendiri."

Bagaimana dengan Anda? Coba dengarkan lagu Queen tersebut. Apakah Anda merasa lebih berbahagia ketika mendengarkannya dibanding lagu-lagu lain?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com