Menakjubkan, Ikan Betok Ambon Ternyata Bisa Menyanyikan "Lagu Cinta"

Kompas.com - 08/09/2016, 21:49 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis

KOMPAS.com - Ikan-ikan karang terkenal sebagai ikan yang "berisik", mengeluarkan ragam suara. Ikan betok Ambon alias Ambon Damselfish juga demikian. Saat gigi ikan itu beradu, suara pop keluar.

Namun Steve Simpson, peneliti biologi kelautan dari Universitas Exeter di Inggris, menemukan fakta menarik lain tentang ikan yang punya nama spesies Pomancentrus amboinesis itu.

Jenis yang ditemukan di wilayah Indonesia, termasuk Ambon, hingga Australia dan Taiwan tersebut ternyata bisa menyanyikan "lagu cinta".

Lantunan lagu cinta itu berupa suara mirip kicauan yang bernada tinggi. Ikan betok Ambon menyanyikannya saat mencari pasangan dan kala kawin.

Simpson telah mempelajari ikan betok Ambon selama 15 tahun. Namun, baru kali ini dia mengetahui bahwa ikan itu bisa melantunkan lagu cinta.

"Ini seperti mempelajari trik baru," katanya seperti dikutip New Scientist, Rabu (7/9/2016). Simpson merekam suara lagu cinta itu dari ikan betok Ambon di perairan Taiwan.

Eric Parmentier dari University of Liege yang juga terlibat riset mengatakan bahwa suara ikan itu khas. Siara unik itu diperlukan di tengah lingkungan karang yang berisik, memastikan spesies yang sama bisa berkomunikasi.

Ilmuwan belum tahu pasti bagaimana lagu cinta itu dihasilkan. Namun, dengan frekuensinya yang mencapai 645 Hertz, kemungkinan suara itu dihasilkan dari kontraksi otot.