Memandanglah ke Barat Senja Ini, Sebuah Segitiga Indah Akan Tampak di Langit

Kompas.com - 26/08/2016, 05:15 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis

KOMPAS.com - Arahkan mata ke barat pada senja Jumat (26/8/2016) ini. Akan ada fenomena berupa segitiga indah di langit.

Segitiga itu merupakan hasil konfigurasi tiga planet, yaitu Venus, Jupiter, dan Merkurius. Fenomena tersebut tidak langka tetapi tetap indah untuk disaksikan.

Setiap detik, planet-planet di Tata Surya selalu bergerak mengelilingi Matahari. Masing-masing berevolusi mengikuti orbitnya.

Kadang kala, planet berada pada lokasi tertentu sedemikian rupa sehingga dari sudut pandang manusia di Bumi membentuk bangunan atau posisi yang menarik.

Dua planet bisa berdekatan, sangat dekat sehingga dari mata manusia di Bumi terlihat seperti berciuman. Tahun 2012 lalu, Jupiter pernah mencium Venus.

Pada 25 Juni 2015 lalu, bertepatan dengan bulan Ramadhan, Bulan bergerak sedemikian rupa sehingga dalam satu malam bergerak mengelilingi Venus dan Jupiter, seolah sedang menari dengan keduanya.

Fenomena segitiga indah yang akan terjadi pada malam ini disebabkan oleh hal yang sama. Merkurius, Venus, dan Jupiter berada pada posisi tertentu sehingga membentuk segitiga dari sudut pandang manusia di Bumi.

Ketiga planet akan tampak terang. Menurut aplikasi astronomi Stellarium, Venus akan tampak paling terang dengan magnitudo - 3,91. Sementara Jupiter dan Merkurius akan tampak dengan magnitudo -1,68 dan + 1,61.

Magnitudo adalah bilangan yang menyatakan kecerlangan benda langit. Semakin kecil angkanya, benda langit tertentu akan tampak makin cerlang.

Dengan magnitudo di atas, ketiga planet seharusnya bisa terlihat dengan mata telanjang. Ada beberapa hal yang menjadi menggagalkan penampakan ketiganya, antara lain mendung dan polusi cahaya yang sangat tinggi.

Agar bisa melihat ketiganya dengan lebih jelas, ada baiknya pergi ke tempat yang relatif lebih gelap dan lapang. Melihat dari atap gedung perkantoran atau apartemen juga bisa jadi salah satu pilihan.

Pengamatan lebih baik dilakukan setelah Matahari benar-benar tenggelam. Cahaya senja akan membuat ketiga planet lebih sulit diamati. Tetapi jangan terlalu malam. Ketiga planet akan tenggelam sekitar pukul 19.00 WIB.

Ingin memotretnya? Bisa saja. kamera DSLR tentu bisa menghasilkan gambar yang lebih baik. Namun bila tak memiliki, kamera smartphone pun bisa menghasilkan gambar yang cukup baik.

Semoga saja tak ada awan dan hujan senja ini sehingga siapa pun di Indonesia bisa melihatnya sambil melepas penat usai seharian bekerja. Selamat menanti dan mengamati...