Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ditemukan untuk Pertama Kali, Sebuah Bintang yang Berawan

Kompas.com - 10/07/2016, 19:32 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis

KOMPAS.com - Awan yang terdiri atas air tak cuma ada di Bumi tetapi juga di dunia yang masih jauh dari jangkauan manusia, dunia luar tata surya.

Andrew Skemer dari University of California di Santa Cruz dalam publikasinya di Astrophysical Journal Letters minggu ini membuktikannya.

Melakukan penelitian selama 13 malam dengan teleskop Gemini North di Hawaii, Skemer berhasil mengungkap keberadaan awan di sebuah obyek bernama WISE 0855.

Obyek yang berjarak sekitar 68 miliar kilometer dari Bumi tersebut ditemukan pada tahun 2014 lewat Wide-field Infrared Survey Explorer (WISE), program milik Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA).

Skemer menemukan awan di sekitar WISE 0855 dengan melihat spektrum gelombang inframerah. Analisis data spektrum gelombang mampu memberikan petunjuk komposisi kimia sebuah benda langit.

"Spektrum kami menunjukkan adanya uap air dan awan dengan tingkat penyerapan yang hampir sama dengan awan di Jupiter," kata Skemer seperti dikutip Tech Times, Sabtu (9/7/2016).

"Spektrum yang dihasilkan punya kualitas yang cukup tinggi sehingga memungkinkan penelitian dinamika dan proses kimia yang sebelumnya dilakukan pada Jupiter," imbuhnya.

Penemuan awan di luar Tata Surya ini juga istimewa sebab WISE 0855 sejatinya adalah sebuah bintang katai coklat. Jadi, bisa dikatakan pula bahwa untuk pertama kalinya, manusia menemukan bintang yang memiliki awan mirip di Bumi.

WISE 0855 bisa memiliki awan karena suhunya yang sangat dingin sebagai sebuah bintang. Temperaturnya sekitar -23 derajat celsius, hampir setara dengan suhu planet gas raksasa di Tata Surya macam Jupiter dan Saturnus.

WISE 0855 bisa menjadi super dingin sebab walaupun dilahirkan dengan cara yang sama tetapi perkembangannya yang berbeda dibandingkan jenis-jenis bintang lain.

Massa katai coklat WISE 0855 kecil sehingga tidak mampu melakukan reaksi inti yang menghasilkan panas. Karena itulah, katai coklat berada di wilayah abu-abu, antara bintang dan planet.

Awan di WISE 0855 diperkirakan memiliki phospine - senyawa gabungan fosfor dan hidrogen - yang lebih rendah dibanding awan Jupiter. Sebab itulah, ilmuwan menduga atmosfer bintang katai coklat itu tak "segalak" Jupiter.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com