Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada "Planet Alien" di Tata Surya, Matahari Mencuri dari Temannya

Kompas.com - 02/06/2016, 06:30 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis

KOMPAS.com - Matahari kita mungkin pernah mencuri planet dari bintang lain.

Dalam sebuah studi yang dipublikasikan di Monthly Notices Letters of the Royal Astronomy pada 26 April 2016 lalu, Alexander J Mustill dari Lund University di Swedia mengatakan, planet hasil curian itu mungkin kini tersembunyi di tata surya, belum diketahui manusia, dan merupakan planet X atau planet ke-9 yang kontroversial.

Dugaan keberadaan planet ke-9 di tata surya (bukan Pluto) diungkap dalam Astrophysical Journal pada Januari 2016 lalu.

Michael E Brown dan Konstantin Batygin dari California Institute of Technology, sang peneliti, mengungkapkan bahwa planet ke-9 punya ukuran 5-10 kali bumi, berjarak 32 miliar kilometer dari Matahari, dan membutuhkan waktu 20.000 tahun untuk mengorbit Matahari.

Eksistensi planet ke-9 sendiri belum terkonfirmasi.

Lewat publikasinya, Mustill mengatakan bahwa planet ke-9 dahulu mengorbit bintang yang lahir pada kluster yang sama dengan matahari. Bintang-bintang memang dilahirkan dalam kluster-kluster, seperti jangkrik yang ditelurkan oleh sang induk dalam kelompok-kelompok kecil.

Planet ke-9 kemudian dicuri oleh Matahari.

Matahari bisa mencuri sebab planet ke-9 mengorbit pada jarak yang terlalu jauh pada bintang induk aslinya. Sebab lain, Matahari juga sering "berpapasan" dengan bintang induk terdahulu dari planet ke-9. Pada satu waktu, gaya tarik Matahari lebih berpengaruh pada planet ke-9 daripada bintang aslinya.

"Ketika Matahari keluar dari kluster tempatnya dilahirkan, planet ke-9 terjebak dalam orbit Matahari," kata Mustill seperti dikutip UPI, Selasa (31/5/2016).

Sejauh ini, sulit untuk menyetujui atau membantah teori Mustill. Sebab, setitik cahaya yang menunjukkan keberadaan planet ke-9 sendiri pun tak ada. Beberapa astronom bahkan mengatakan, peluang keberadaan planet ke-9 mungkin hanya 40 persen. Namun demikian, bukan tak mungkin Matahari kita memang pernah menculik planet dari bintang lain. Penculikan umum terjadi di alam semesta.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com