Alien Mungkin Ada, tetapi Manusia Tak Menguasai Bahasanya

Kompas.com - 31/05/2016, 21:39 WIB
Monika Novena

Penulis

KOMPAS.com - Apakah manusia sendiri di alam semesta?

Pertanyaan itu hingga kini belum terjawab. Usaha ilmiah untuk mengungkap keberadaan makhluk maju di planet atau galaksi lain terus dilakukan tetapi belum membuahkan hasil.

Douglas Vakoch, presiden (Messaging Extra-terrestrial Intelligence), badan non profit yang aktif dalam penelitian makhluk hidup di luar angkasa, mengatakan bahwa alien kemungkinan ada.

Menurutnya, manusia mungkin belum bisa menemukan alien sebab pesan yang dikirimkan tak kompatibel.

"Sinyal-sinyal ditujukan untuk makhluk extra-terrestrial (ET) saat ini terlalu sederhana. Kita harus menentukan seperti apa sebenarnya kita ingin tampil di hadapan mereka," katanya.

Vakoch mengatakan, tim Meti International kini meluncurkan sebuah proyek untuk mengembangkan pesan yang ditujukan untuk alien yang berisi informasi baru.

Tim ini berencana mengirim radio transmisi pertama mereka akhir tahun 2018.

Pesan yang dikirim berbasis matematika dan konsep ilmiah. Menurutnya, pesan kepada alien tak bisa asal dikirim tetapi harus dipilah terlebih dahulu.

"Kita memilah instruksi manual jadi alien bisa dengan mudah membaca kode," jelasnyaseperti dikutip Daily Mail pada minggu lalu.

Contoh pesan cerdas, jika akan mengirim tentang biokimia maka manusia juga harus menyertakan seluruh tabel elemen.

Hingga kini, usaha kontak dengan alien memang masih terus dilakukan terlepas masih adanya perdebatan tentang keberadaan alien dan posisi alien, kawan atau lawan.

Astronom Search for Extraterrestrial Intelligence (SETI) dari Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA), Jill Tarter, mengatakan, bila alien muncul di Bumi, artinya mereka memiliki teknologi yang jauh lebih maju.

"Mereka akan hormat kepada kita dan akan menunjukkan ramah, kooperatif dan berperilaku damai," paparnya.

Sementara NASA masih membuka peluang keberadaan alien, sekelompok astrobiolog dari Australia National University (ANU) memercayai bahwa alien tak mungkin ke Bumi.

Menurut mereka, alien bila ada pasti sudah punah. Banyak planet di alam semesta memang layak huni dan mungkin dipenuhi dengan mikroba, namun kehidupan di planet itu mungkin tak stabil.