Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inikah Galeri Seni Pertama di Dunia?

Kompas.com - 30/05/2016, 22:18 WIB
Monika Novena

Penulis

KOMPAS.com - Arkeolog telah menemukan sebuah galeri lukisan kuno yang tersembunyi jauh di dalam gua Atxurra di sebelah utara Spanyol, tepatnya  di sebuah desa bernama Berriatua, 50 km dari kota Bilbao, Basque.

Setidaknya ada 70 gua berisi lukisan yang telah ditemukan di situs tersebut. Gua yang di temukan oleh arkeolog Diego Garate dan penjelajah gua Iñaki Intxaurbe ini diperkirakan berumur 14.500 tahun yang lalu dan mengungkapkan akhir masa paleolitikum sekaligus diperkirakan sebagai galeri seni pertama manusia.

Lukisan ini terbentang sekitar 100 meter dan menyelimuti dinding gua. Sebagian besar menggambarkan kuda, bison, kambing dan rusa. Ada pula lukisan yang menggambarkan perburuan seekor bison oleh pemburu purba. Lukisan bison itu dibuat untuk menggambarkan ukuran tombak yang digunakan untuk menusuk perut bison tersebut.

Peneliti mengatakan, seniman pada saat itu kemungkinan menggunakan pigmen hitam yang berasal dari batu bara untuk membuat lukisan di gua tersebut. Pigmen digesekan pada permukaan dinding batu dengan menggunakan batu api.

Periode Paleolitikum Atas sendiri dimulai 40.000 juta tahun lalu dan berakhir kira-kira 10.000 tahun yang lalu. Kepada Daily Mail, Selasa (24/5/2016), peneliti mengatakan, lukisan tersebut kemungkinan sekitar 14.500-12.500 tahun yang lalu, akhir masa palaeolitikum.

Selama masa Paleolitikum Atas, manusia mulai mempelajari kebudayaan lebih lanjut, seperti mengenal peralatan yang terbuat dari batu, tulang dan batu api. Bentuk awal seni juga mulai muncul dan manusia mulai mengekspresikan diri mereka melalui gambar, lukian dan bahkan musik.

Gua penuh lukisan purba itu ditemukan pertama kali pada tahun 1929. Lebih dari seribu tahun lukisan ini hampir menghilang dan tak terjamah.

Pemerintah setempat baru merekrut tenaga ahli untuk melakukan ekplorasi pada tahun 2014 dan menemukan lukisan di gua pada September 2015. Peneliti akan terus melanjutkan mengeksplorasi gua Atxurra hingga beberapa tahun kedepan. Sementara gua juga akan ditutup untuk umum agar tetap terjaga dari tangan yang tak bertanggung jawab.

Apakah Atxurra adalah galeri seni pertama di dunia? Sulit untuk mengklaimnya.

Indonesia pun kaya akan lukisan gua. Lukisan gua di Maros, Sulawesi Selatan, saat ini merupakan lukisan gua pertama di dunia. Lukisan gua juga banyak tersebar di gua-gua wilayah Sumatera hingga Maluku dan Papua. Jadi, mungkin pula bahwa Indonesia adalah galeri seni pertama di dunia.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com