Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Lupa Saksikan Malam Ini, Mars Paling Terang dalam 10 Tahun

Kompas.com - 29/05/2016, 18:12 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis

KOMPAS.com - Bila langit di wilayah Anda tinggal cerah, jangan lupa untuk menengadahkan kepala melihat pemandangan langit malam ini.

Mars, planet yang diduga memiliki lautan dan kehidupan, akan menampakkan diri. Penampakan Mars malam ini akan menjadi yang paling terang dalam 10 tahun terakhir.

Mars yang super cerlang itu terjadi karena Mars, Bumi, dan Matahari berada dalam posisi segaris dan berada pada sisi Matahari yang sama.

Jarak terjauh Bumi dan Mars mencapai 401 juta kilometer. Malam ini, jarak Bumi dan Mars hanya 75,3 juta kilometer, seperenam kali lebih dekat.

Astronom amatir Ma'rufin Sudibyo mengatakan, magnitudo Mars malam nanti akan sekitar -2. Magnitudo itu menyatakan  kecerlangan benda langit. Semakin kecil nilainya, semakin terang penampakan benda langitnya.

Dengan kedekatannya, Mars akan sangat mudah diamati. Tak perlu alat bantu untuk melihatnya. Cukup mendongak ke atas, maka Mars akan ada di depan pandangan mata.

Mars malam ini akan terbit di ufuk timur saat senja. Semakin malam, Mars akan makin ke atas dan ke barat. Sesuaikan arah pandang dengan waktu pengamatan. Bila mengamati dini hari nanti misalnya, arahkan pandangan ke barat.

Mars mudah dibedakan dengan benda langit lainnya. Di antara banyak benda langit yang mungkin tersebar, carilah satu yang tampak kemerahan.

Walaupun mencapai jarak terdekat dengan Bumi, jangan harap akan tampak sangat besar menyaingi bola ping pong atau bahkan seperti hoax yang selalu beredar, Mars sebesar bulan purnama.

"Saat Mars terdekat sekalipun, Mars hanya akan tampak mirip bintang saja kalau dipandang mata," kata Ma'rufin saat dihubungi Kompas.com, Minggu (29/5/2016).

Meski masih sebesar bintang, melihat planet yang kini menjadi obyek penelitian, tujuan pendaratan, bahkan calon tempat hidup manusia tentu menarik. Selamat mengamati....


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com