Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hati-hati, Permen Karetmu Bisa Meracuni Anjingmu!

Kompas.com - 19/05/2016, 19:00 WIB
Monika Novena

Penulis

KOMPAS.com — Anda penyayang anjing? Mulai sekarang, sebaiknya Anda berhati-hati dengan permen karet Anda atau apa pun makanan yang mengandung pemanis buatan.

Food and Drugs Association (FDA) pada 12 Mei 2016 memperingatkan bahwa senyawa xytlitol yang biasa digunakan pada permen karet tanpa gula bisa meracuni anjing.

Xylitol adalah salah satu jenis pemanis buatan yang biasa disebut gula alkohol. Jenis ini biasa ditemui pada produk-produk seperti permen karet rendah gula, pasta gigi dan penyegar mulut, sirup batuk, serta bahan-bahan pembuat kue.

Xylitol memang aman jika dikonsumsi oleh manusia. Namun, saat dikonsumsi anjing maka akibatnya fatal, bahkan mengakibatkan kematian.

Level gula darah pada anjing dikontrol melalui insulin yang dilepaskan oleh pankreas. Pada anjing, xylitol akan lebih cepat menyerap ke aliran darah dan bisa menyebabkan pelepasan insulin dalam jumlah yang besar.

Martine Hartogensis, ahli veteriner dari FDA, menjelaskan, pelepasan insulin yang cepat ini akan menyebabkan penurunan level gula darah yang besar (hypoglycemia). Efek ini akan terlihat dalam 10-60 menit setelah mengonsumsi xylitol.

Jika anjing mengonsumsi makanan yang mengandung xylitol, efek pertama yang akan terlihat adalah muntah yang diikuti dengan gejala penurunan gula darah, seperti penurunan aktivitas, lemas, dan kemungkinan terburuk adalah kematian.

Jika Anda melihat anjing kesayangan mengonsumsi makanan yang mengandung xylitol, segera bawa ke rumah sakit hewan. Dalam kasus tertentu, gejala keracunan xylitol tak terlihat dalam dalam 10-24 jam.

Untuk menjauhkan kemungkinan keracunan, jauhkan anjing dari produk yang mengandung xylitol. Baca label bahan-bahan yang tertera pada makanan yang akan diberikan.

Satu hal yang penting, gunakan produk khusus anjing, misalnya pasta gigi. Gunakan pasta gigi khusus anjing. Jangan pernah pakai pasta gigi manusia untuk anjing.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com