Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lestarikan Dugong untuk Lamun dan Manusia

Kompas.com - 20/04/2016, 20:23 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis

KOMPAS.com - Pelestarian dugong atau duyung penting bukan hanya untuk dugong itu sendiri, melainkan juga untuk kelangsungan ekosistem lamun tempat hidupnya sekaligus kepentingan manusia.

Hal itu terungkap dalam Simposium Nasional Dugong dan Habitat Lamun 2016 yang bertema "Inisiatif Bersama untuk Pelestarian Populasi Dugong dan Habitat Lamun di Indonesia" di Bogor, Rabu (20/4/2016).

Konferensi menghadirkan berbagai pemerhati dugong dari Kementerian kelautan dan Perikanan, WWF Indonesia, Institut Pertanian Bogor, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) serta berbagai lembaga swadaya masyarakat dan riset.

Peneliti dugong dari LIPI, Wawan Kiswara, mengatakan, Eropa mengeksploitasi dugong secara besar-besaran pada tahun 1917 hingga hewan tersebut punah di perairan setempat.

Tanpa diduga, beberapa tahun kemudian terjadi wabah di ekosistem lamun, tempat dugong hidup. Tak adanya dugong membuat wabah penyakit tak terkendali hingga ekosistem padang laut punah.

"Jadi perlindungan dugong perlu agar jangan sampai hal ini terjadi di Indonesia," ujar Wawan dalam simposium yang akan berlangsung hingga Kamis (21/4/2016) esok.

Dekan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Institut Pertanian Bogor (IPB), Luky Adrianto, mengatakan, pelestarian dugong juga penting bagi manusia itu sendiri.

"Ekosistem lamun atau seagrass merupakan tempat hidup beragam komoditas perikanan berharga seperti teripang, baronang, dan rajungan," ujarnya. Pelestarian dugong berarti mempertahankan keberlanjutan ekonomi dari sumber daya ekosistem lamun.

Di samping itu, dugong berpotensi wisata seperti halnya lumba-lumba dan hiu. Adanya dugong akan menarik minat penggemar wisata bahari untuk berkunjung, menggerakkan ekonomi wilayah sekitar perairan yang kaya dugong.

Dugong kadang diburu dan dijual dagingnya hingga seharga Rp 6 juta. Dengan upaya pelestarian, dugong bisa bernilai lebih besar.

Studi sebelumnya pada nilai ekonomi hiu dan pari manta mengungkap, satu hiu bisa bernilai Rp 1 miliar per tahun sementara satu manta menurut kajian Luky bisa bernilai 2 miliar US dollar per tahun.

Tantangan

Pelestarian dugong hingga kini menghadapi tantangan. Persoalan mendasar diantaranya persebaran dan jumlah populasi dugong yang belum diketahui saat ini.

"Minimnya data dan informasi sebaran populasi dugong dengan tingkat ancamannya menyebabkan otoritas pengelola sulit untuk menentukan prioritas rencana aksi konservasi," kata Wawan Ridwan, Direktur Program Coral Triangle WWF Indonesia.

Tantangan lain adalah minimnya pengetahuan masyarakat bahwa dugong merupakan mamalia laut yang dilindungi. Ini terbukti dengan banyaknya kasus dugong yang diikat, dianggap sebagai piaraan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com