Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Ini 50 Tahun Lalu, Pendaratan Mulus Pertama di Bulan

Kompas.com - 05/02/2016, 08:12 WIB

Harian Kompas edisi 5 Februari 1966 melaporkan, Uni Soviet berhasil mendaratkan kendaraan angkasanya "Luna-9" dalam keadaan mulus dipermukaan bulan pada 3 Februari 1966.

Keberhasilan pendaratan kapsul yang memuat alat-alat itu merupakan prestasi dari percobaan-percobaan sebelumnya yang gagal.

"Luna5" dalam bulan Mei dan "Luna7" dalam bulan Oktober mendarat dengan keras sehingga mengalami kerusakan.

"Luna6" dalam bulan Juni telah menyimpang jauh dari perjalanan yang direncanakan, sedangkan "Luna 8" dalam bulan Desember sudah hampir berhasil menempatkan alat-alat dipermukaan bulan tapi pada saat terakhir gagal.

Ini adalah wahana pertama tanpa awak yang mendarat mulus di permukaan bulan dan benda luar angkasa lainnya.

Keberhasilan Uni Soviet tersebut semakin memanaskan persaingan dengan Amerika Serikat untuk mengembangkan teknologi eksplorasi luar angkasa.

Di tahun yang sama, wahana AS juga akhirnya berhasil mendarat mulus di bulan. Bahkan, AS menyalip Uni Soviet untuk mendaratkan manusia pertama di Bulan. Misi Apollo 11 mencatatkan nama Neil Amstrong dan Edwin Aldrin sebagai orang pertama yang menginjakkan kaki di bulan.

Hingga kini misi eksplorasi bulan masih terus berlangsung. Selain AS dan Rusia, China dan India juga telah mengirimkan wahana ke bulan.

Kompas.com menyajikan informasi arsip peristiwa setiap pagi berdasarkan pemberitaan harian Kompas. Ikuti juga rubrik Arsip di harian Kompas setiap hari. Untuk berlangganan Harian Kompas, klik di sini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com