Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Ini 42 Tahun Lalu, Bumi Justru Dilaporkan Makin Dingin

Kompas.com - 28/01/2016, 08:18 WIB

KOMPAS.com — Berkebalikan dengan kondisi saat ini bahwa Bumi menghadapi pemanasan global, 42 tahun lalu justru muncul laporan bahwa suhu Bumi semakin dingin.

Laporan harian Kompas edisi 28 Januari 1974 menyebutkan, sejumlah ahli cuaca dunia menilai perkembangan musim kering dan banjir di berbagai penjuru dunia selama beberapa tahun terakhir ini sebagai tahap permulaan dari zaman mendingin dan perubahan cuaca yang drastis.

Ahli menyimpulkan, kemungkinan manusia sedang menghadapi "tragedi besar", terutama Jepang akan kedinginan, dan zaman es mungkin sedang mendekat.

Sejak 1945, temperatur dunia terus menurun. Untuk pertama kali, kapal yang menuju Eslandia terhambat bongkahan es yang mengambang.

Di Inggris, musim tanam lebih pendek daripada tahun 1950-an, dan di Amerika Utara, Armadilo, binatang sejenis trenggili yang menyukai hawa panas mulai bergerak ke selatan.

Situasi saat itu mungkin berbeda dengan saat ini ketika para ahli bersama-sama mengatasi dampak perubahan iklim global.

Kompas.com menyajikan informasi arsip peristiwa setiap pagi berdasarkan pemberitaan harian Kompas. Ikuti juga rubrik Arsip di harian Kompas setiap hari. Untuk berlangganan Harian Kompas, klik di sini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com