Ini Asteroid yang Akan Melintas Dekat Bumi pada Malam Natal

Kompas.com - 24/12/2015, 17:20 WIB

KOMPAS.com — Sebuah asteroid akan melintas pada jarak relatif dekat dengan Bumi saat malam Natal, Kamis (24/12/2015) ini.

Namun, asteroid tersebut dipastikan hanya melintas dan tak akan menimbulkan dampak bahaya apa pun terhadap Bumi.

Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) menyatakan, batuan luar angkasa yang diberi nama 2003 SD220 itu diperkirakan berukuran panjang sekitar 1.100 meter.

Jarak terdekat saat perlintasan nanti adalah sekitar 11 juta kilometer dari Bumi. Oleh sebab itu, asteroid tak akan tampak dari Bumi.

"Jaraknya dari Sinterklas dan delapan rusanya di Bumi ini adalah 28 kali jarak Bumi dan Bulan," canda Manajer Pusat Studi Obyek Dekat Bumi NASA Paul Chodas.

Kemunculannya sudah terdeteksi sejak 17 Desember 2015 dan 22 Desember 2015, ketika Laboratorium Propulsi Jet NASA di California, AS, mendapatkan gambar radarnya pada tanggal-tanggal itu.

Pemimpin Program Penelitian Radar Asteroid NASA, Lance Benner, mengatakan, asteroid tersebut akan melintas dekat Bumi lagi pada tahun 2018 hingga 2070.

Pada tahun-tahun mendatang, asteroid 2003 SD220 akan terus melintas lebih dekat hingga berjarak 2,7 juta kilometer dari Bumi.

"Data yang didapat saat asteroid ini melintas nantinya akan membantu kami membuat perencanaan dalam melakukan pindai radar saat kemunculannya pada 2018 mendatang," kata Lance. (Mashable/Washington Post)