Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Christmas Island Bangun Jembatan Khusus buat Kepiting Merah

Kompas.com - 10/12/2015, 13:08 WIB

Anda mungkin mengenal Christmas Island di Australia dalam hubungannya dengan tempat pencari suaka ditahan. Namun, di pulau tersebut juga ada fenomena lain yaitu kepiting merah.

Untuk membantu migrasi ribuan kepiting merah setiap tahunnya, Christmas Island membangun sebuah jembatan di atas jalan yang sibuk. Dengan jembatan tersebut, kepiting ini bisa menyeberang dengan aman.

Jembatan setinggi lima meter ini dibangun sehingga kepiting ini bisa melanjutkan perjalanan migrasi mereka.

Manajer Pemasaran Asosiasi Pariwisata Christmas Island Linda Cash mengatakan selain kegunaan praktis bagi kepiting tersebut, jembatan ini juga menjadi atraksi turis.

"Sydney memiliki Harbour Bridge dan San Francisco memiliki Golden Gate dan jembatan kepiting kami ini sekarang menarik perhatian turis dari berbagai belahan dunia," kata Cash.

"Rute yang biasa diambil oleh kepiting ini adalah dari tempat menetas mereka di hutan menuju ke laut, membuat jalan, lapangan golf, dan pantai menjadi seperti lautan merah," ujarnya.

Petugas perlindungan satwa liar di sana sudah membangun 31 tempat penyeberangan di bawah jalan guna membantu migrasi kepiting tersebut.

Sekitar 50 juta kepiting ini akan terlibat dalam migrasi tahunan yang menurut perkiraan Asosiasi Pariwisata akan terjadi tanggal 6 Januari 2016.

Kirsty Faulkner Kepiting merah dan jembatan penyeberang menjadi atraksi menarik bagi turis manca negara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com