Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Maaf Albert Einstein, Tuhan Memang "Bermain Dadu"...

Kompas.com - 09/11/2015, 19:47 WIB

KOMPAS.com — Apakah Tuhan bermain dadu? Riset terbaru membuktikannya. Namun, bermain dadu di sini hanya perumpamaan.

Dalam sebuah eksperimen yang mengagumkan, ilmuwan membuktikan salah satu klaim fundamental dalam fisika kuantum bahwa benda atau partikel yang terpisah jauh tetap dapat memengaruhi satu sama lain.

Hasil penelitian itu menggugat salah satu pandangan lama dalam fisika yang disebut "lokalitas" bahwa sebuah benda atau partikel hanya bisa dipengaruhi oleh sekelilingnya.

Lebih lanjut, riset yang diterbitkan di jurnal Nature pada 21 Oktober 2015 itu juga menggugat pandangan Albert Einstein bahwa harus ada "spooky action" sehingga dua partikel yang terpisah jarak bisa saling memengaruhi.

Sederhananya, gugatan ini terkait dengan perkembangan fisika kuantum, cabang fisika yang mengurus dinamika di tingkat partikel.

Dahulu, pada masa awal perkembangan fisika kuantum, ada pandangan yang mengatakan bahwa dua obyek yang terpisah jauh bisa saling memengaruhi alias "entangled".

Ibaratnya, kalau ada elektron yang ada di rumah kita, elektron itu bisa memengaruhi elektron di ujung semesta sana jika memang ada yang bisa disebut ujung semesta.

"Entanglement" ini terjadi ketika pasangan dua atau beberapa partikel yang terpisah jarak sehingga partikel-partikel itu tidak bisa dideskripsikan secara independen, tetapi sebagai satu sistem.

Nah, Einstein tidak suka dengan gagasan itu. Ia mengungkapkan, tak mungkinlah dua obyek yang terpisah jarak saling memengaruhi. Itu terlalu random, bak Tuhan bermain dadu.

Banyak ilmuwan berusaha menghapus keraguan Einstein. Sejak tahun 1970-an, ilmuwan melakukan eksperimen untuk membuktikan adanya "entanglement" antara dua benda yang terpisah jarak.

Riset terbaru yang dilakukan oleh Ronald Hanson dari Kavli Institute of Nanoscience di Delft University of Technology di Belanda kali ini adalah yang diklaim paling mampu membantah Einstein.

Hanson bersama rekannya dari Belanda dan Inggris merancang sebuah eksperimen bernama "loophole-free Bell test". Nama eksperimen diambil dari nama John Stewart Bell, ilmuwan yang pada tahun 1970-an membantah pandangan Einstein.

Hanson dan timnya berhasil membuktikan adanya "entanglement", "hubungan" atau "keterlibatan" antara dua elektron yang dipisahkan sejauh 1,3 kilometer.

Hanson menaruh berlian yang memiliki "jebakan" untuk satu elektron. Lewat eksperimen, Hanson berhasil membuktikan adanya "entanglement" dengan berbagi informasi antar-dua elektron.

"Sekarang kami bisa mengonfirmasi adanya spooky action dalam jarak jauh," kata Hanson seperti dikutip New York Times, 22 Oktober 2015 lalu.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com