Saksikan, Ada Fenomena Langit Langka Tiap Subuh Sepanjang Minggu Ini

Kompas.com - 27/10/2015, 17:00 WIB
KOMPAS.com — Jika langit di wilayah Anda cerah, tak diselimuti kabut asap, jangan lewatkan kesempatan untuk melihat fenomena ketika Mars, Venus, dan Jupiter membentuk segitiga.

Fenomena yang disebut konjungsi planet itu terbilang langka karena baru akan terjadi lagi pada tahun 2021. Ingat, kalau melewatkannya, Anda harus menunggu enam tahun lagi!

Konjungsi tiga planet itu bisa diamati sepanjang minggu ini. Namun, waktu pengamatan terbaik adalah Kamis (29/10/2015). Ketiga planet akan mencapai jarak terdekat satu sama lain saat itu.

Simulasi dengan aplikasi astronomi Stellarium, di wilayah Indonesia, ketiga planet akan terbit di ufuk timur pada dini hari sekitar pukul 03.00 WIB.

Mars, Jupiter, dan Venus akan tetap membentuk segitiga hingga fajar tiba. Jadi, ada banyak waktu untuk mengamati sekaligus mengabadikannya.

Jupiter akan tampak dengan magnitudo -1,3. Magnitudo menyatakan kecerlangan benda langit dilihat dari Bumi. Makin kecil nilainya, makin tinggi kecerlangannya.

Jupiter tampak lebih terang dengan magnitudo sekitar -4. Sementara itu, Mars tampak paling redup dengan magnitudo sekitar 1,9. Meski demikian, keduanya tetap mudah disaksikan.

Konjungsi tiga planet ini bisa diamati dengan mata telanjang. Carilah tempat lapang, gelap, dan cerah kemudian arahkan pandangan ke arah timur. Ketiga planet langsung bisa dilihat.

Untuk mengamati lebih detail, Anda bisa menggunakan teleskop dan binokuler. Pegunungan, laut, atau perkotaan bisa menjadi latar yang baik untuk mengabadikan fenomena itu.

Karena fenomena akan mulai tampak pada pukul 03.00 WIB, ada baiknya bersiap-siap sejak malam menuju lokasi yang diinginkan. Berkemah ramai-ramai bersama teman bisa menjadi alternatif.

Bagi yang tak sempat ke mana pun, jangan khawatir. Fenomena ini bisa dilihat cukup dengan melongok ke luar jendela atau naik ke lantai atas rumah.