Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Foto-foto Pluto Ini Akan Membuatmu Terkesima, Bagaimana Bisa?

Kompas.com - 25/09/2015, 17:05 WIB
KOMPAS.com — Wajah Pluto yang baru saja diungkap oleh Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) akan membuat manusia terkejut sekaligus kagum. Bagaimana bisa? Foto-foto itu menyuguhkan kenyataan Pluto yang sama sekali jauh dari bayangan.

Berjarak 5,9 juta kilometer dari Matahari, Pluto selama ini dibayangkan sebagai dunia yang gelap. Namun, wajah yang berhasil diabadikan oleh wahana New Horizon milik NASA mengubah semuanya.

NASA Pluto memiliki wajah beragam. Salah satu daerahnya tampak menyerupai sisik bila dilihat dari antariksa.
Foto yang diambil New Horizon saat melintas dekat Pluto pada 14 Juli 2015 itu menunjukkan bahwa salah satu wilayah Pluto yang kala dipotret adalah perbatasan siang dan malam memiliki wajah yang unik.

"Itu adalah lansekap unik dan membingungkan yang merentang sejauh ratusan kilometer. Daerah itu lebih mirip kulit pohon atau sisik naga daripada geologi," kata William McKinnon, peneliti program Geologi, Geofisika, dan Pencitraan New Horizon.

McKinnon seperti dikutip di situs NASA, Kamis (25/9/2015), mengungkapkan belum jelas mengapa permukaan pluto bisa menyerupai sisik naga. Namun, dia menduga itu karena paduan aktivitas tektonik dan sublimasi es.

NASA Meski jauh dari matahari, pluto ternyata dunia yang berwarna-warni
Permukaan yang menyerupai sisik itu hanya salah satu keunikan pluto. New Horizon lewat data yang baru diterima NASA pada pertengahan September juga mengungkap bahwa permukaan Pluto sebenarnya juga kaya warna.

Wajah Pluto yang diambil dengan kamera Ralph/Multispectral Visual Imaging Camera (MVIC) menunjukkan, warna-warna di Pluto meliputi biru pucat, kuning, oranye, dan merah gelap.

"Banyak bentukan permukaan memiliki warna yang khas, memberi petunjuk betapa kompleksnya cerita klimatologi dan geologi yang baru saja mulai kita ungkap," ungkap John Spencer yang juga terlibat program Geologi, Geofisika, dan Pencitraan.

NASA Sputnik Planum yang memiliki bopeng
Wilayah lain Pluto yang disebut Sputnik Planum dalam citra resolusi tinggi tampak sebagian besar halus, tetapi dihiasi bopeng.

Menurut tim NASA, bopeng itu terdiri dari lubang, bukit, dan pegunungan. Di pegunungan itu terdapat es yang gampang sekali menguap.

Di luar soal wajah, ilmuwan juga mengungkap distribusi metana di Pluto yang ternyata tidak merata. Bagian terdalam kawah dan yang gelap biasanya tak mengandung metana. Sebaliknya, wilayah seperti Sputnik Planum kaya metana.

Eksplorasi hingga pinggiran tata surya dengan wahana antariksa telah mengungkap banyak hal yang di luar dugaan manusia.

Bukan hanya wajah-wajah planet dan asteroid yang mengejutkan, komposisinya juga. Lautan, misalnya, ternyata tidak hanya terdapat di Bumi. Kehidupan di Bumi mungkin bukan hal yang istimewa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com