Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simulasi Hidup di Planet Mars Telah Dimulai

Kompas.com - 30/08/2015, 01:24 WIB

Sebuah tim yang dibentuk Badan Antariksa AS NASA telah mulai tinggal di sebuah kubah dekat gunung berapi yang tandus di Hawaii untuk melakukan simulasi kehidupan seperti di Planet Mars.

Mereka akan hidup dalam isolasi selama satu tahun mulai Jumat (28/8/2015). Ini merupakan masa terpanjang untuk percobaan simulasi kehidupan seperti di Mars.

Sebagai perbandingan saja, seorang astronot yang menjalankan misi ke Stasiun Antariksa Internasional atau ISS memerlukan waktu enam bulan. NASA sudah melangsungkan eksperimen hidup terisolasi selama empat bulan dan delapan bulan.

Para ahli memperkirakan bahwa misi penjelajahan manusia ke Planet Merah bisa memakan waktu antara satu hingga tiga tahun.

Tim berkekuatan enam orang itu akan hidup dalam lingkungan kecil di bawah kubah, tanpa udara segar, makanan segar, dan privasi.

Mereka menutup diri dari dunia luar pada Jumat pukul 15.00 waktu setempat atau Sabtu pukul 07.00 WIB.

Eksperimen ini menguji sisi hubungan manusiawi dari perjalanan panjang ke Mars. Jika ke luar kubah berdiameter 11 meter dan tinggi 6 meter itu, mereka harus mengenakan pakaian ruang angkasa seperti baju astronot.

Tim NASA itu terdiri dari seorang ahli biologi ruang angkasa (astrobiologi) Perancis, seorang fisikawan Jerman, dan empat orang Amerika masing-masing seorang arsitek, jurnalis, ilmuwan tanah, dan seorang pilot.

Masing-masing lelaki dan perempuan itu akan memiliki sebuah tempat tidur kecil dan meja di dalam ruangan mereka. Perbekalan mereka meliputi antara lain keju bubuk dan ikan tongkol kalengan.
Sementara para insinyur mengarahkan perhatian pada tantangan teknis dan ilmiah dari perjalanan ke Mars, eksperimen isolasi diarahkan pada unsur manusiawi dari penjelajahan, dan permasalahan yang bisa timbul dari kehidupan bersama di lingkungan yang begitu kecil.

"Saya pikir salah satu pelajaran yang bisa dipetik adalah bahwa kita tak bisa benar-benar mencegah konflik antar pribadi. Bahkan kendatipun para anggotanya adalah orang-orang terbaik, masalah akan selalu bisa muncul selama misi yang begitu panjang itu," kata Kim Binsted, seorang pakar NASA.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com