Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

HUT Ke-48, LIPI Gelar Dua Perhelatan Penting

Kompas.com - 20/08/2015, 14:21 WIB
Arief Kurniawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Bertempat di Auditorium Utama LIPI, Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 10, Jakarta, pada Kamis (20/8/2015), Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menggelar dua perhelatan tahunan sebagai puncak rangkaian acara perayaan HUT LIPI ke-48 yang jatuh setiap tanggal 23 Agustus, yakni Pemberian Penghargaan Ilmu Pengetahuan LIPI Sarwono Award Tahun 2015 dan LIPI Sarwono Memorial Lecture.

Dua perhelatan tersebut diselenggarakan guna memberikan tempat terhormat bagi para peneliti di Indonesia yang mengabdikan dirinya untuk pengembangan ilmu pengetahuan di Indonesia serta memberikan pemikiran berdasarkan pengalaman para ilmuwan atau budayawan tentang perkembangan ilmu pengetahuan di Indonesia maupun di dunia.

Kepala LIPI Prof Dr Iskandar Zulkarnain mengatakan, LIPI sebagai lembaga keilmuan terbesar dan terkemuka di Indonesia perlu memberikan apresiasi yang tinggi kepada para tokoh bangsa atas prestasi ilmiah dan dedikasinya dalam pengembangan ilmu pengetahuan, baik pada taraf nasional maupun internasional.

"Kami memandang ilmuwan-ilmuwan berprestasi di Indonesia pantas dan layak untuk mendapatkan penghargaan ilmiah tertinggi dari lembaga ini," ungkap Iskandar saat memberikan sambutan di Auditorium Utama LIPI.

Penghargaan Ilmu Pengetahuan LIPI Sarwono Award Tahun 2015 diberikan kepada ahli arkeologi Prof Dr Harry Truman Simanjuntak, DEA. Terpilihnya beliau sebagai penerima penghargaan didasarkan pada konsistensi dedikasinya selama 38 tahun dalam menekuni penelitian di bidang arkeologi.

"Beliau (Prof Dr Harry Truman Simanjuntak) adalah doktor di bidang prasejarah sekaligus peneliti dan profesor riset di Pusat Penelitian Arkeologi Nasional yang sarat dengan prestasi dan pengabdian berharga bagi kemajuan ilmu pengetahuan di Indonesia, khususnya di bidang arkeologi. Beliau dikenal memiliki dedikasi yang tinggi dalam upaya pemasyarakatan dan pemanfaatan ilmu pengetahuan untuk menjawab permasalahan dan isu strategis bangsa," jelas Iskandar dalam sambutannya.

Sementara itu, orasi ilmiah LIPI Memorial Lecture disampaikan oleh cendekiawan muslim yang pernah menjadi Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, Prof Dr Azyumardi Azra, MA, CBE, dengan judul "Toleransi Agama untuk Persatuan Negara-Bangsa Indonesia". LIPI memilih sosok Prof Dr Azyumardi Azra, MA, CBE sebagai penghargaan atas jasa-jasanya sebagai seorang akademisi, praktisi, sekaligus tokoh agama yang telah menunjukkan prestasi luar biasa dalam mendorong toleransi dan kerukunan antarumat beragama.

"Prof Dr Azyumardi Azra adalah seorang akademisi, birokrat, tokoh agama dan kemanusiaan yang pemikirannya telah memberikan kontribusi penting dalam membangun hubungan baik antaragama di tingkat nasional dan internasional," tutur Iskandar.

Iskandar berharap, kedua ilmuwan terpilih dapat menjadi inspirasi bagi para peneliti, generasi penerus, dan masyarakat Indonesia untuk terus membangun dan memajukan Indonesia melalui ilmu pengetahuan. “Tujuan utamanya untuk semakin mendorong kemajuan iptek Tanah Air,” kata Iskandar.

Pemberian Penghargaan Ilmu Pengetahuan LIPI Sarwono Award Tahun 2015 merupakan ajang ke-14 sejak tahun 2002, sedangkan pelaksanaan LIPI Sarwono Memorial Lecture telah diselenggarakan sebanyak 15 kali sejak tahun 2001. Keduanya selalu berlangsung tiap tahunnya.

Terselenggaranya dua perhelatan penting ini ditujukan untuk mengedepankan dan mendorong peran LIPI dalam perkembangan iptek sekaligus merupakan bentuk penghormatan atas jasa-jasa Prof Sarwono Prawirohardjo (alm) sebagai Bapak Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia serta Ketua LIPI pertama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com