Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fosil Mamut Berusia 20.000 Tahun Ditemukan di Swiss

Kompas.com - 10/08/2015, 13:23 WIB
PHYS.ORG Fosil Mammoth yang ditemukan di Swiss.


KOMPAS.com — Akhir Juli 2015 lalu, para pekerja bangunan di kota Rotkreuz, Swiss, menemukan fosil tulang belulang mamut (gajah raksasa/mammoth) yang jutaan tahun pernah menghuni daratan Swiss.

Fosil mamut yang diduga berusia lebih dari 20.000 tahun ditemukan di tengah-tengah pengerjaan proyek bangunan di kota Rotkreuz, Swiss.

Renata Huber dari Departemen Budaya dan Arkeologi Swiss mengatakan bahwa penemuan fosil mamut tersebut sungguh menarik. Pasalnya, penemuan fosil mamut terakhir kali terjadi pada 50 tahun lalu.

Namun, sayangnya, meski seluruh area tempat ditemukannya fosil mamut itu telah diselidiki, tim tidak bisa mendapatkan keseluruhan tulang-tulang mamut untuk merekonstruksikannya secara utuh, seperti yang sebelumnya dilakukan pada temuan fosil mamut di Zurich.

Hingga kini, para ahli sedang berupaya untuk menyelidiki usia pasti fosil mamut tersebut untuk kemudian dipakai sebagai data terkait penelitian spesies purba penghuni Bumi jutaan tahun lalu. (Difa Restiasari)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com