Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Meski El Nino, Hujan Masih Berpeluang Turun Minggu Ini

Kompas.com - 04/08/2015, 21:18 WIB

KOMPAS.com - Meski mulai terdampak El Nino yang diperkirakan punya intensitas kuat, sejumlah wilayah Indonesia masih berpotensi mengalami hujan.

Prakiraan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) per Senin (3/8/2015) menunjukkan bahwa perairan di barat Sumatera masih hangat.

"Jadi wilayah Sumatera masih bisa mengalami hujan," kata Edvin Aldrian, Kepala Penelitian dan Pengembangan BMKG, saat ditemui Kompas.com pada Selasa (4/8/2015).

Hangatnya perairan memungkinkan terjadinya penguapan air laut dan pembentukan awan yang kemudian akan menjadi hujan di wilayah sekitarnya, termasuk Jawa bagian barat.

Prakiraan yang didasarkan pada citra satelit Himawari 8 itu berlaku selama 5 hari. Setelahnya, kondisi bisa berubah berdasarkan suhu permukaan laut di perairan barat Sumatera.

Hujan juga masih berpeluang terjadi di wilayah Kalimantan akibat terbentuknya badai tropis di wilayah utara Indonesia sejak Minggu lalu.

Prakirawan cuaca di Tropical Cylone Warning Center BMKG, Agus Salim, mengungkapkan bahwa pada 2.150 kilometer sebelah timur laut Tahunan kini ada siklon tropis Soudelor.

"Cukup kuat, kecepatan angin maksimumnya 115 knots," kata Agus. "Diprediksi masih bertahan dalam beberapa hari ke depan dan bergerak ke Taiwan."

Ekor siklon tropis itu mungkin memengaruhi pembentukan awan di wilayah utara Indonesia. Kalimantan bagian utara berpotensi hujan.

Namun, secara keseluruhan, siklon justru akan membuat Indonesia bagian tengah dan timur bersih dari awan. Intensitas siklon yang kuat membelokkan arah angin monsun, menyapu bersih awan.

Dalam periode El Nino, perairan di Samudra Pasifik utara Papua menjadi lebih hangat dari biasanya. Kondisi hingga Juli, anomali suhu muka laut daerah tersebut sudah mencapai 1 derajat celsius.

Anomali tersebut membuat curah hujan di wilayah Indonesia berkurang. Terjadi bersamaan dengan musim kemarau, El Nino membuat wilayah Indonesia semakin kering.

Meski demikian, pengaruh El Nino tak terjadi secara tiba-tiba. Dalam periode awal, sejumlah wilayah Indonesia masih bisa mengalami hujan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com