Kompas.com - 24/07/2015, 04:00 WIB

KOMPAS.com — Kumpulan planet yang ditemukan teleskop Kepler NASA di antaranya berisi dunia yang memiliki ciri-ciri sama dengan Bumi.

Kepler-452b melakukan orbit pada bintangnya dengan jarak yang sama dengan Bumi terhadap Matahari, meskipun radius planet tersebut 60 persen lebih besar ketimbang Bumi.

Para ilmuwan meyakini, ini adalah planet yang paling mirip Bumi sejauh ini.

Planet seperti ini menarik perhatian para ahli astronomi karena ukurannya cukup kecil dan suhunya cukup dingin untuk menyimpan air di permukaannya sehingga kemungkinan dapat mendukung kehidupan.

Pimpinan bidang ilmu pengetahuan NASA, John Grunsfeld, mengatakan bahwa dunia baru tersebut sejauh ini bisa dikatakan paling mirip dengan Bumi.

Pimpinan analisis data Kepler di Pusat Penelitian Ames NASA di California, Amerika Serikat, John Jenkins, menambahkan, "Ini benar-benar suatu kehormatan,  menyampaikan berita ini kepada Anda hari ini. Ada anak baru di tempat ini yang baru saja pindah ke sebelah."

Dunia baru ini bergabung dengan exoplanet lainnya, seperti Kepler-186f yang punya banyak kesamaan dengan Bumi.