Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/07/2015, 04:00 WIB

KOMPAS.com — Kumpulan planet yang ditemukan teleskop Kepler NASA di antaranya berisi dunia yang memiliki ciri-ciri sama dengan Bumi.

Kepler-452b melakukan orbit pada bintangnya dengan jarak yang sama dengan Bumi terhadap Matahari, meskipun radius planet tersebut 60 persen lebih besar ketimbang Bumi.

Para ilmuwan meyakini, ini adalah planet yang paling mirip Bumi sejauh ini.

Planet seperti ini menarik perhatian para ahli astronomi karena ukurannya cukup kecil dan suhunya cukup dingin untuk menyimpan air di permukaannya sehingga kemungkinan dapat mendukung kehidupan.

Pimpinan bidang ilmu pengetahuan NASA, John Grunsfeld, mengatakan bahwa dunia baru tersebut sejauh ini bisa dikatakan paling mirip dengan Bumi.

Pimpinan analisis data Kepler di Pusat Penelitian Ames NASA di California, Amerika Serikat, John Jenkins, menambahkan, "Ini benar-benar suatu kehormatan,  menyampaikan berita ini kepada Anda hari ini. Ada anak baru di tempat ini yang baru saja pindah ke sebelah."

Dunia baru ini bergabung dengan exoplanet lainnya, seperti Kepler-186f yang punya banyak kesamaan dengan Bumi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com