Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Raih Puluhan Penghargaan di WCOPA 2015

Kompas.com - 22/07/2015, 02:15 WIB

JAKARTA, KOMPAS — Kontingen Indonesia berhasil mempersembahkan puluhan medali penghargaan dalam debut pertamanya di World Championship of Performing Arts 2015 pada 10-18 Juli di Long Beach, California, Amerika Serikat. Selain meraih penghargaan, seorang peserta bernama Eunike D Setiadarma juga berhasil memenangi Junior Instrumentalist World Champion 2015 dari permainan pianonya.

Wakil Direktur World Championship of Performing Arts (WCOPA) Indonesia Dina Mariana mengungkapkan, dalam ajang kompetisi seni pertunjukan tingkat dunia itu Indonesia mengirim 16 kontestan. "Meski tahun ini kami baru ikut pertama kali ajang WCOPA, kami langsung berhasil mendapatkan grand champion Junior Instrumentalist World Champion 2015 dan meraih 9 medali emas, 11 medali perak, serta 12 medali perunggu," kata Dina, Senin (20/7), di Jakarta.

Permainan piano

Gelar paling bergengsi grand champion Junior Instrumentalist World Champion 2015 diraih Eunike D Setiadarma melalui permainan pianonya. Sementara itu, puluhan peserta lain berhasil meraih medali emas, perak, dan perunggu pada berbagai kategori kejuaraan vokal, instrumen, dan tari.

Beasiswa

"Selain penghargaan, satu peserta dari Indonesia yakni Kyla, terpilih oleh panitia WCOPA untuk mendapatkan beasiswa belajar teater dan film di Amerika Serikat. Prestasi anak-anak muda kita di bidang pertunjukan seni ternyata sangat membanggakan," ujar Dina.

Lebih dari 45 negara dari seluruh dunia turut serta dalam kompetisi seni pertunjukan tingkat dunia tersebut. Mereka berkompetisi dalam tarik suara, tari, musik, akting, dan modeling. Ajang tersebut melibatkan setidaknya 75 juri dari industri hiburan. Tahun depan, Indonesia akan mengirim kontingen dengan jumlah peserta lebih banyak yaitu 100 seniman muda.

Sebanyak 16 kontestan Indonesia yang mengikuti WCOPA 2015 ke-19 di California berasal dari Jakarta, Manado, dan Papua. Tahun depan, seniman-seniman muda bertalenta akan kembali disaring dari seluruh Indonesia untuk kemudian berkompetisi di WCOPA 2016. (ABK)

_______________________

Versi cetak artikel ini terbit di harian Kompas edisi 22 Juli 2015, di halaman 12 dengan judul "Indonesia Raih Puluhan Penghargaan".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com