Stephen Hawking Dukung Pencarian Kehidupan Lain

Kompas.com - 21/07/2015, 02:12 WIB

KOMPAS.com - Profesor Stephen Hawking meluncurkan usaha baru untuk menjawab pertanyaan apakah terdapat kehidupan lain di angkasa luar.

Usaha ini disebut-sebut sebagai yang terbesar sejauh ini untuk mendukung pencarian mahluk di luar planet Bumi.

Upaya selama 10 tahun ini akan mendengarkan isyarat dari jutaan bintang yang terdekat ke Bumi, lapor wartawan BBC Pallab Ghosh.

Inisiatif senilai 100 juta dollar AS ini diluncurkan kelompok Breakthrough Initiative, Royal Society di London.

Berbicara saat peluncuran, Profesor Hawking mengatakan, "Di suatu tempat di kosmos, kemungkinan, kehidupan lain kemungkinan mengawasi cahaya kita, memahami apa artinya.

"Atau apakah cahaya kita berkelana di kosmos tanpa kehidupan, mercu suar yang tidak terlihat, menyatakan bahwa di sini, pada satu batu, alam semesta menemukan kehadirannya.

Apa pun itu, tidak ada pertanyaan yang lebih besar. Sekarang saatnya bertekad menemukan jawaban, mencari kehidupan di luar Bumi.

"Kita hidup. Kita cerdas. Kita harus mengetahuinya," tambah Hawking.

Pihak-pihak di belakang inisiatif menyatakan ini adalah pencarian ilmiah terbesar yang pernah dilakukan untuk mencari kehidupan di luar Bumi.

Mereka berencana mengamati 10 kali luas alam yang diteliti sebelumnya dan mengkaji spektrum radio lima kali lebih besar, 100 kali lebih cepat.