Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/07/2015, 09:51 WIB

KOMPAS.com - Foto planet Pluto yang diambil oleh wahana antariksa New Horizon memberikan pertanyaan baru bagi para ilmuwan. Ada empat bintik misterius yang terobservasi dari foto tersebut dan hingga kini ilmuwan belum mampu menjelaskannya.

Empat bintik itu masing-masing memiliki diameter sekitar 500 kilometer sementara penyebarannya tidak jelas. Namun demikian, bintik cenderung terletak pada belahan barat Pluto yang sayangnya tak akan dilihat New Horizon saat melintas dekat pada 14 Juli 2015.

"Ini benar-benar teka-teki, kami tak tahu apa bintik itu dan kami tak sabar untuk mengungkapnya," kata Alan Stern dari Southwest Research Institute, pimpinan investigasi New Horizon.

"Yang juga menjadi teka-teki adalah pertanyaan lama tentang perbedaan besar warna Pluto dengan bulannya, Charon, yang lebih gelap dan kelabu," imbuh Stern seperti dikutip BBC pada Jumat (2/7/2015) lalu.

Menurut ilmuwan, bila Pluto dan Charon terbentuk dari peristiwa tumbukan yang sama, seharusnya karakteristik keduanya mirip. Analisis data New Horizon diharapkan mampu memecahkan pertanyaan tentang asal-usul Pluto dan Charon.

New Horizon milik Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) kini tengah mendekati lingkungan Pluto yang terdiri dari satu planet kerdil dan lima bulan. Wahana itu akan mencapai jarak terdekat, 12.500 kilometer dari permukaan Pluto, pada 14 Juli 2015 pukul 18.49 WIB.

Minggu ini, wahana yang diluncurkan pada 19 Januari 2006 itu telah berjarak 5 miliar kilometer dari Bumi. Setelah mencapai titik terdekat, New Horizon bakal mengirim gambar-gambar mengagumkan lagi tentang Pluto.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com