Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Empat Tragedi Kecelakaan Hercules C-130 di Indonesia

Kompas.com - 01/07/2015, 10:57 WIB

KOMPAS.com — Kecelakaan pesawat di Medan pada Selasa (30/6/2015) bukan satu-satunya yang melibatkan Hercules C-130. Data yang dikumpulkan Kompas.com dari Aviation Saftey Network mengungkap, ada empat kejadian kecelakaan Hercules C-130 di Indonesia.

Kecelakaan pertama terjadi pada 21 November 1985 di dekat Sibayak. Varian Hercules C-130 yang mengalami kecelakaan adalah C-130H-MP. Sebelas orang tewas dalam kecelakaan pesawat dengan nomor registrasi A-1322 itu. Pesawat yang mengalami kecelakaan baru empat tahun terbang.

Kecelakaan kedua terjadi pada 5 Oktober 1991. Sebanyak 134 orang tewas dalam kecelakaan tersebut. Peristiwa itu merupakan kecelakaan Hercules C-130 dengan korban paling banyak.

Sebelum kecelakaan, pesawat sedang mengikuti perayaan Hari ABRI. Beberapa saat setelah lepas landas, pesawat mengalami masalah mesin. Pesawat jatuh di Balai Latihan Kerja Departemen Tenaga Kerja, Condet, Jakarta Timur. Dua korban adalah satpam di lokasi itu.

Kecelakaan ketiga terjadi pada 20 Mei 2009. Pesawat sebenarnya sudah hampir mendarat di Bandara Iswahyudi, Madiun. Namun, pesawat gagal mendarat dan menabrak empat rumah sebelum akhirnya jatuh di persawahan. Dilaporkan, 96 orang tewas akibat kecelakaan tersebut. Dua di antara korban yang tewas merupakan warga yang tinggal di sekitar lokasi kecelakaan. Hercules yang mengalami kecelakaan saat itu sudah terbang sejak tahun 1982.

Tragedi naas keempat yang dialami Hercules C-130 terjadi pada Selasa (30/6/2015). Pesawat jatuh dan hancur sesaat setelah lepas landas. Lokasi jatuhnya pesawat di permukiman warga, di Kecamatan Medan Tuntungan, dekat Lanud Soewondo.

Pesawat lepas landas pada pukul 11.48 WIB. Beberapa saat setelah lepas landas, pilot sempat meminta "return to base". Setelah permintaan itu, pesawat tiba-tiba berbelok ke kanan dan akhirnya jatuh.

Pesawat membawa 12 kru dan 101 penumpang. Data terakhir, ada 23 korban tewas yang sudah teridentifikasi. Hercules 130B yang jatuh kali ini sebenarnya sudah harus kembali ke Malang pada 2 Juli 2015 besok.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com