Inilah Pesawat yang Akan Membawa "Astronot" Pertama Indonesia ke Antariksa - Kompas.com

Inilah Pesawat yang Akan Membawa "Astronot" Pertama Indonesia ke Antariksa

Kompas.com - 29/06/2015, 14:23 WIB
Ars Technica XCOR Lynx Mark II

KOMPAS.com — AXE Apollo Space Academy (AASA) National Space Camp yang digelar oleh salah satu produsen pewangi pria akan memberangkatkan 23 "astronot" ke antariksa. Salah satu astronot itu berasal dari Indonesia, namanya Rizman Adhi Nugraha.

Pria kelahiran "Negeri Laskar Pelangi" ini bakal menjadi astronot pertama Indonesia jika program ini berjalan sukses.

Rizman merupakan yang pertama menggunakan pesawat ulang alik XCOR Lynx Mark II, milik XCOR Aerospace. Setelah itu, perusahaan itu akan mengomersialkan perjalanan ke luar angkasa pilihan wisata untuk orang orang berkocek tebal.

Dikutip dari situs XCOR.com, pesawat Lynkx Mark II adalah pesawat yang didesain untuk membawa manusia ke luar angkasa secara bolak-balik. Pesawat itu bisa digunakan kembali untuk mengangkut penumpang lainnya atau disebut dengan reusable launch vehicle (RLV).

Lynkx Mark II berkapasitas dua orang dan mampu terbang ke luar orbit hingga berjarak 100 km. Konsep RLV memang terbilang baru karena selama ini penerbangan pesawat ulang alik lebih banyak menggunakan roket sekali jatuh, lalu pesawatnya mengangkasa secara terpisah.

Pesawat ulang alik canggih ini diklaim bisa digunakan untuk empat kali penerbangan sehari. Untuk Rizman, bila 23 orang,bisa jadi ada beberapa kali penerbangan dalam sehari.

Pesawat ini juga diklaim terjamin keamanannya serta biaya perawatannya yang tidak terlalu mahal. Semua komponennya didesain untuk bisa bertahan menembus atmosfer dengan sistem perlindungan panas di hidung pesawat. Sayapnya sepanjang 9 meter dan didesain agar bisa mendarat dengan kecepatan 90 knot.

EditorYunanto Wiji Utomo
Komentar