Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Bertambah Sedetik, Apa yang Mungkin Terjadi pada 30 Juni 2015?

Kompas.com - 22/06/2015, 21:04 WIB

KOMPAS.com — Pada tanggal 30 Juni 2015, sehari semalam tak akan 24 jam lagi, tetapi 24 jam satu detik. Total waktu pada hari itu adalah 31.536.001 detik.

Ilmuwan mengungkapkan, penambahan waktu itu dibutuhkan sehingga waktu manusia tetap sinkron dengan gerakan bumi berputar pada porosnya dan mengelilingi matahari.

Bumi dalam rotasinya tidak selalu berputar dengan kecepatan yang sama, malah melambat. Jadi penyesuaian waktu dibutuhkan.

Baca lebih detail tentang mengapa harus ada detik kabisat dalam artikel "Tanggal 30 Juni 2015, Sehari Semalam Bakal Lebih dari 24 Jam.

Namun demikian, apa yang mungkin terjadi ketika sehari semalam satu detik lebih lama dari biasanya?

Sistem Komputer

Anda mungkin berpikir, "Apalah artinya sedetik. Tak berasa." Tetapi, dampak yang mungkin terjadi lebih dari yang Anda bayangkan.

Buat manusia, penambahan satu detik memang tak berdampak besar. Manusia bisa saja menyesuaikan jam dinding atau tangannya sehingga sinkron.

Namun, dalam sistem komputer, navigasi, GPS, satelit, dan teknologi modern lainnya, satu detik adalah perkara penting.

Anggap saja Anda sedang ingin menembakkan rudal dalam waktu 5 menit 30 detik. Apa jadinya kalau detik tiba-tiba ditambah? Rudal mungkin tak tepat sasaran.

Penambahan satu detik, bila tak diantisipasi, bisa menimbulkan chaos dalam sistem komputer dan memengaruhi banyak bidang.

Kasus nyata terjadi pada tahun 2012. Sistem Amadeus yang bertanggung jawab pada sistem booking maskapai penerbangan Qantas di Australia mengalami error. Akibatnya, terjadi ratusan delay penerbangan.

Selain itu, Yelp, Reddit, LinkedIn dan sejumlah situs lain mengalami crash. Pengguna sistem operasi Linux juga mengalami gangguan.

Parah? Ya, memang. Detik kabisat tahun ini, bila tak diantisipasi, juga berpotensi memicu kejadian yang sama.

Wacana Penghapusan

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com