Terungkap, Venus Punya Gunung Berapi Aktif

Kompas.com - 21/06/2015, 21:38 WIB

KOMPAS.com - Telah lama ilmuwan meyakini bahwa Venus memiliki gunung berapi yang masih aktif. Menganalisis data yang dikumpulkan oleh wahana Venus Express, ilmuwan kini membuktikan bahwa planet kedua terdekat dari Matahari itu memang punya gunung semacam Merapi atau Sinabung.

"Kami telah melihat sejumlah peristiwa di mana spot-spot di permukaan Venus tiba-tiba memanas dan mendingin," kata Eugene Shalygin dari Max Planck Institute for Solar System Research.

Ada empat spot yang dideteksi ilmuwan. Sebelumnya, ilmuwan telah mengetahui bahwa spot itru merupakan wilayah gunung berapi. Namun, baru kali ini ilmuwan berhasil membuktikan bahwa spot itu bisa mengalami perubahan temperatur signifikan.

"Itu adalah bukti paling kuat saat ini tentang vulkanisme di Venus," kata Shalygin seperti dikutip Daily Mail, Jumat (18/6/2015).

Pada spot yang disebut "Object A" yang luasnya hanya sekitar 1 kilometer persegi, ilmuwan mengetahui bahwa temperaturnya bisa mencapai 830 derajat celsius, jauh lebih tinggi daripada temperatur biasanya yang sekitar 480 derakat celsius.

Hasil penelitian ini konsisten dengan data lain dari Venus Express yang menunjukkan gejala vulkanisme di Venus baru-baru ini.

Tahun 2010, citra inframerah sejumlah gunung yang diambil Venus Express mengindikasikan bahwa lava pernah mengalir ribuan hingga jutaan tahun lalu. Beberapa tahun kemudian, adanya lonjakan sulfur di atmosfer Venus yang bisa menjadi petunjuk bahwa sebuah gunung berapi tengah aktif.

"Studi kami menunjukkan bahwa Venus, tetangga terdekat kita, masih aktif dan berubah saat ini. Ini langkah penting untuk memahami perbedaan sejarah evolusi Bumi dan Venus," kata Shalygin.