Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Si Kucing Alien" Matilda

Kompas.com - 19/06/2015, 11:09 WIB

KOMPAS.com — Mata yang besar dari kucing ini mungkin akan memberikan dua respons yang bertolak belakang, yaitu gemas karena terlihat lucu, atau takut karena menyeramkan. Jika respons yang muncul adalah yang kedua, rasanya tak salah jika kucing yang diberi nama Matilda ini diberi nama "Alien Cat" atau kucing alien.

Kucing berumur dua tahun yang diselamatkan saat masih kecil dari timbunan sampah memiliki mata berkaca-kaca besar yang memberinya penampilan lain.

Namun, bagi Meghan, pemiliknya, respon spertamalah yang mereka rasakan. Matilda justru terlihat sangat "cantik" bagi mereka. Bersama tunangannya, Meghan yang tidak ingin nama keluarganya dimunculkan demi privasi mengadopsi Matilda pada 2013 karena melihat sang kucing sangat menggemaskan.

Menurut Meghan, Matilda baru mulai memiliki masalah pada matanya saat berusia satu tahun. Salah satu pupil dapat membesar memenuhi seluruh bagian mata untuk kemudian kembali ke ukuran normal. Kondisi ini kerap disebut sebagai spontaneous lens luxation. Tidak lama kemudian, mata kiri ikut mengalami kondisi serupa.

Ternyata, saudara Matilda menderita kondisi yang sama, kata Meghan. Namun, yang membingungkan para dokter hewan adalah ukuran mata Matilda yang justru turut membesar, bahkan semakin besar dari waktu ke waktu.

"Kami masih tidak yakin mengapa hal ini terjadi," kata Meghan. Dokter yang menangani Matilda yakin bahwa ada sesuatu yang telah mengubah struktur kolagen mata Matilda.

Terlepas dari kenyataan bahwa Matilda ini hampir buta, hingga saat ini dia masih mampu melihat cahaya dan beberapa gerakan.

"Indera lainnya harus menebus indera penglihatannya karena kita tidak dapat hanya menyebut dia buta dengan hanya mengamatinya," kata Meghan.

"Dia suka memeluk dan duduk tepat di atas siapa pun yang akan membiarkan dia melakukannya," kata Meghan.

Meghan menekankan bahwa Matilda tidak menderita. "Tingkat tekanan di matanya benar-benar normal, yang berarti bahwa tidak ada rasa sakit," katanya.

Meghan membuat akun Instagram dengan nama @aliencatmatilda dan kini sudah memiliki lebih dari 46.000 pengikut. (Sekar Rarasati)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com