Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Batu Meteor Senilai Rp 500 Juta Digondol Maling

Kompas.com - 10/06/2015, 10:31 WIB


KOMPAS.com — Batu meteor di museum kota Atherton, Queensland, Australia, dicuri. Di pasar gelap, benda tersebut diperkirakan bisa bernilai sekitar Rp 500 juta.

Dua pria masuk ke museum bernama Crystal Caves itu, Senin (8/6/2015) dini hari, dan menggasak sebuah meteor seukuran bola. Batu luar angkasa itu memiliki berat 11 kg.

Menurut Dave Reneke, dari majalah Australiasian Science, nilai batu itu bisa lebih mahal jika pencuri memecahnya menjadi bagian-bagian kecil, termasuk jika dijadikan cincin perhiasan.

"Saya tahu meskipun tidak punya bukti bahwa ada pasar gelap untuk barang seperti ini," ujar Reneke.

Reneke mengatakan, nilai batu meteor bukan hanya dilihat dari kandungan mineralnya, melainkan lebih pada usianya.

"Bongkahan batu meteor itu biasanya berusia 4,5 juta hingga 5 juta tahun," ujarnya. "Batu-batu meteor itu asalnya dari luar angkasa antara Planet Mars dan Jupiter," kata Reneke.

Batu meteor itu baru saja diterima pihak museum dua pekan lalu dari sumbangan seorang warga yang menemukannya 30 tahun lalu di daerah Wolfe Creek di Australia Barat. Daerah Wolfe Creek pernah dijatuhi meteor sekitar 300.000 tahun silam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com