Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Spesies Baru Dinosaurus Bertanduk Ini Dijuluki "Hellboy"

Kompas.com - 08/06/2015, 12:49 WIB


Ahli menjuluki dinosaurus ini "Hellboy" karena tanduknya yang begitu unik. Fosil tersebut berasal dari spesies dinosaurus yang belum pernah ditemukan sebelumnya.

Fosil-fosilnya pertama kali ditemuan tepatnya 10 tahun lalu oleh seorang geolog Peter Hews di sekitar Sungai Oldman, Kanada.

Melalui jurnal Current Biology, Dr. Caleb Brown dari the Royal Tyrrell Museum of Palaentology mendeskripsikan temuan fosil yang tak biasa tersebut. Fosil temuannya ternyata memiliki kekerabatan dekat dengan Triceratops.

"Spesimen yang ditemukan berada di sekitar Alberta, Kanada. Pada kawasan itu belum pernah ditemukan dinosaurus bertanduk seperti temuan ini. Inilah temuan fosil yang begitu berharga," ujar Brown.

Brown serta rekannya Donald Henderson, menamai dinosaurs bertanduk ini Regaliceratops peterhewsi dengan julukan "Hellboy".

Brown dan Henderson menyatakan bahwa "Hellboy" merupakan bentuk evolusi dinosaurus bertanduk paling nyata.

Peneliti berharap dapat menemukan lebih banyak spesimen Regaliceratops peterhewsi. Tujuannya mampu merekontruksi keseluruhan fosil.

"Temuan ini menunjukkan bahwa masih banyak jenis dinosaurus bertanduk yang belum diketahui," kata Brown.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com